fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Jadi Camilan Sehat, Ini Kandungan Nutrisi Rujak

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Perpaduan berbagai jenis buah dan sambal kacang membuat rujak menjadi cemilan yang nikmat dan segar untuk dikonsumsi.

Tidak hanya nikmat dan segar, rujak juga merupakan camilan sehat karena kaya kandungan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

Biasanya, rujak terdiri dari berbagai macam buah-buahan dan sayuran, seperti mangga, nanas, mentimun, kedondong, jambu air, dan bengkoang. Melansir Hello Sehat satu porsi rujak untuk ukuran 200 g dengan saus kacang memiliki:

ADVERTISEMENT
  • 243 kalori
  • 12.3 gram lemak
  • 24.07 gram karbohidrat
  • 11.98 gram protein

Kandungan nutrisi pada rujak tersebut berasal dari buah-buahan yang ada pada rujak.

Nah, mari kita lihat buah-buahan apa saja yang ada pada rujak dan mengandung vitamin di dalamnya.

Baca juga:  Manfaat Tak Terduga dari Air Ketumbar Bagi Kesehatan

Mangga

ADVERTISEMENT

Buah yang tumbuh di daerah tropis ini sangat sering ditemui pada rujak. Rasa asam dan manis yang timbul menawarkan sensasi kesegaran ketika musim kemarau.

Satu buah mangga biasanya mengandung 100 kalori dengan vitamin A, vitamin C, folat, vitamin B, serta vitamin K dan kalium.

Nanas

ADVERTISEMENT

Selain mangga, nanas juga sering dijadikan sebagai buah pada rujak. Satu buah nanas memiliki 82 kalori dengan kandungan vitamin C, vitamin A, kalsium, dan zat besi.

Selain itu, buah nanas juga memiliki enzim bromelain yang baik untuk pencernaan dan mempercepat pemecahan makanan di dalam tubuh. Nah vitamin dan nutrisi pada nanas ini bisa menjadi tolak ukur apakah rujak bergizi atau tidak.

Mentimun

Baca juga:  Lakukan Hal Ini Agar Puasa Kuat, Pahala Semakin Bertambah

Satu hal yang tidak boleh absen dari rujak adalah mentimun. Satu buah timun biasanya memiliki 45 kalori dan 11 gram karbohidrat.

Beberapa vitamin yang terkandung di dalamnya juga mendukung manfaat dari mentimun sebagai pelancar buang air besar, seperti vitamin C, vitamin K, kalium, dan magnesium.

Bengkoang

Buah dengan rasa yang lebih manis dan segar daripada kentang ini memiliki kalori rendah. Selain itu, kandungan vitamin C nya yang tinggi membuat bengkoang menjadi buah dengan antioksidan yang baik untuk tubuh.

Kandungan vitamin dan nutrisi lainnya pada bengkoang adalah kalsium, kalium, serat, dan protein juga dapat diperoleh dari buah ini.

Sambal Kacang

Sambal kacang biasanya ditemui sebagai bumbu pada rujak. Tetapi apakah perpaduan antara buah-buahan dengan sambal kacang pada rujak bisa mengubah kandungan vitamin dan nutrisi yang terkandung di buah?

Baca juga:  Jantung Berdebar Akibat Kafein, Berikut 3 Cara Mengatasinya

Diketahui, satu cangkir sambal kacang biasanya memiliki sekitar 700 kalori, 55 gram lemak, dan 35 gram karbohidrat.

Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, sambal kacang termasuk dalam ‘lumayan baik’. Meski begitu, konsumsi sambal kacang yang berlebihan juga tidak baik bagi tubuh.

Nah, jika kandungan vitamin dan nutrisi pada sambal kacang jika dicampurkan dengan buah-buahan kemungkinan besar tidak akan mengubah manfaat dari yang sudah ada.

Oleh karena itu, rujak baik dikonsumsi asalkan dalam porsi yang sesuai dengan takaran kebutuhan kalori masing-masing orang.

Baca berikutnya: Menilik Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Kulit

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Di Makassar, Penyuluhan Pencegahan Bahaya Narkoba Sasar Siswa Baru Momen MPLS

LAYAR NEWS, Makassar - Satuan Narkoba, Polrestabes Makassar, menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba dalam momen Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT