fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Jelang Pemilu 2024, Pengungsi Luar Negeri di Makassar Diingatkan Patuhi Adat Istiadat

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie, mengingatkan kepada pengungsi luar negeri di wilayahnya untuk mematuhi aturan dan tata tertib yang telah dikeluarkan pemerintah Indonesia. 

Pengungsi juga ditekankan untuk menghargai adat istiadat yang berlaku di wilayah Makassar dan tidak menimbulkan pertikaian dengan masyarakat lokal. Andi juga menekankan agar pengungsi tidak terlibat dalam pemilu, baik sebagai pemilih maupun sebagai calon. 

“Pada saat pesta demokrasi, jangan terlibat dalam pemilu. Tetap tinggal di masing-masing CH (Community House) untuk menghindari kejadian yang berpotensi memprovokasi untuk memilih,” katanya dilansir dari laman resmi Rudenim Makassar, Senin, 12 Februari 2024.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Ini Daerah di Sulsel Diprediksi Hujan Lebat 3 Hari ke Depan, Waspada Potensi Bencana Hidrometeorologi

Perwakilan dari Sat Intelkam Polrestabes Kota Makassar, Aipda Ilhamsyah, menginformasikan bahwa kepolisian akan meningkatkan pengamanan selama pemilu berlangsung. Ia juga mengingatkan kepada pengungsi untuk tidak menggelar aksi demo seperti yang pernah terjadi pada 29 Januari 2024 lalu.

“Kepolisian RI khususnya Polrestabes Makassar mengingatkan kepada pengungsi untuk mengikuti aturan yang berlaku. Berharap saling menghormati agar tidak terjadi perselisihan antar sesama pengungsi maupun warga lokal,” tegasnya.

Baca juga:  MUI Sulsel Terbitkan Fatwa Aliran Sesat Hingga Satu Orang Sudah Tersangka

Sementara perwakilan IOM Makassar, Siti Khadijah yang mewakili seluruh pengelola akomodasi pengungsi, menyampaikan imbauan kepada pengungsi untuk tetap tinggal di CH masing-masing pada tanggal 14 Februari. Apabila ada keperluan, ia menyarankan agar dikoordinasikan sehari sebelumnya. 

ADVERTISEMENT

Hal ini dimaksudkan untuk menghindarkan pengungsi dari kericuhan yang mungkin terjadi selama pemilu berlangsung. Kondisi ini dianggap penting dan jadi perhatian otoritas terkait. “Kami dari IOM Makassar berharap agar pengungsi dapat mengikuti arahan dari pihak-pihak yang terkait,” ujar Siti Khadijah. 

Baca juga:  Di Makassar, Ini Lokasi Prioritas Penilaian Adipura

Kepala Rudenim Makassar, Atang Kuswana, sebelumnya menyampaikan data terkini tentang pengungsi luar negeri di wilayahnya. Menurutnya, saat ini terdapat 1.001 pengungsi yang tersebar di 20 CH. Sebagian dari mereka sudah diberangkatkan ke negara ketiga. Yaitu sebanyak 377 orang selama tahun 2023 dan 28 orang sejak Januari 2024.

(Sumber foto: Rudenim Makassar)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Peringatan Waspada Sarang Buaya Dekat Pemukiman Warga di Makassar

Otoritas terkait telah memasang papan imbauan, waspada buaya dekat pemukiman warga di sekitar Sungai Tallo, Makassar
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT