fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Jemaah Haji Lansia Wajib Jadi Prioritas, Ini Hal yang Tak Dibolehkan

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Direktur Bina Haji Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI, Arsad Hidayat mengungkapkan bahwa, pada tahun 2024 ini, jumlah jemaah lansia yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci sebanyak 45 ribu jemaah.

“Seluruh petugas haji telah dibekali. Lansia harus diberi prioritas pelayanan, bahkan dari sisi ibadah, Pemerintah telah menerbitkan buku manasik khusus bagi jemaah haji lansia,” ucap Arsad Hidayat dalam siaran pers yang diterima dari Bagian Humas Kemenag Sulsel, Selasa, 23 April 2024.

Baca juga:  Usai Bimtek Golkar, Taufan Pawe Kembali Target Tinggi Kursi di Pileg 2024

Oleh karena itu, kata dia, pemerintah tetap mencanangkan tahun 2024 sebagai tahun haji ramah lansia. Dimana setiap aktivitas dan setiap layanan yang diberikan kepada jemaah haji harus memiliki dimensi yang ramah terhadap lansia.

ADVERTISEMENT

Selain itu, lanjut Arsad, Dirjen PHU telah menerbitkan Surat Edaran Nomor 1 tahun 2024 tentang mekanisme pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji musim haji tahun 2024, yang poinnya menitik beratkan pada imbauan yang berpihak kepada lansia.

“Salah satu poin penting dalam SE ini terkait mekanisme seremonial pemberangkatan dan penyambutan, yaitu maksimal paling lama 30 menit dan sambutan maksimal hanya 2 orang,” ungkapnya.

Baca juga:  37 Warga Makassar Diamankan Otoritas Arab Saudi, Ini Masalahnya

Imbauan Dirjen lainnya, sambung Arsad adalah jemaah lansia tidak diharuskan mengikuti seremonial acara pelepasan keberangkatan ataupun penyambutan kedatangan jemaah, termasuk dalam hal pemberian paspor, living cost dan keberangkatan menuju bus, jemaah lansia tetap didahulukan.

ADVERTISEMENT

Lebih lanjut Arsad menyampaikan bahwa penyelenggaraan ibadah haji melalui Embarkasi Makassar tahun 2024 ini mulai tanggal 11 Mei 2024. Yaitu ketika jemaah pertama kali masuk di asrama haji dan kemudian diberangkatkan pada tanggal 12 Mei 2024.

Baca juga:  THR Guru PAI Cair 10 Hari Sebelum Lebaran

Olehnya itu, mengingat semakin dekatnya jadwal pemberangkatan ini, Arsad berharap para anggota PPIH yang baru saja dilantik segera melakukan rapat koordinasi terkait hal-hal yang harus dipersiapkan sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

“Saya mohon bapak ibu segera melakukan rakor setelah pelantikan ini untuk mempersiapkan segala sesuatunya terkait tugas dan fungsi masing-masing. Semoga layanan di embarkasi UPG Makassar jauh lebih baik lagi dari tahun-tahun sebelumnya,” pungkasnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Saling Ejek, Kelompok Remaja di Makassar Bentrok 5 Orang Sempat Diamankan

Dua kelompok remaja di Jalan Pampang 4, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, sempat terlibat bentrok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT