fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Jokowi Segera Tunjuk Pengganti SYL, NasDem Ogah Klaim

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Presiden Joko Widodo (Jokowi) segera menunjuk Menteri Pertanian (Mentan) definitif pengganti Syahrul Yasin Limpo yang mengundurkan diri karena tersandung kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. 

Untuk sementara, Jokowi sudah menunjuk Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi sebagai Plt Menteri Pertanian.

“Ya secepatnya (ditunjuk Mentan definitif),” kata Jokowi kepada wartawan di Presedential Lounge, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat, 6 Oktober 2023, dilansir Liputan6.

ADVERTISEMENT

Saat ditanya apakah jatah Mentan akan kembali diberikan kepada Partai NasDem, Jokowi tak menjawab. Dia hanya memastikan akan segera melantik Mentan definitif.

Baca juga:  KPK Jadwalkan Pemanggilan Ponakan SYL Andi Tenri Gusti, Istri Kapolrestabes Semarang

“Secepatnya kita siapkan,” ucapnya.

Sementara itu, Jokowi telah menandatangani surat pengunduran diri Syahrul Yasin Limpo dari jabatan Mentan. Surat tersebut sebelumnya diserahkan Syahrul Yasin Limpo kepada Menteri Sekretaris Negara Pratikno pada Kamis, 6 Oktober 2023.

ADVERTISEMENT

Jokowi mengaku belum bertemu dengan Syahrul Yasin Limpo, usai mundur dari jabatannya sebagai Menteri Pertanian (Mentan). Menurut dia, pertemuan dengan Syahrul Yasin Limpo saat ini masih dijadwalkan.

“Belum, belum, belum (ketemu). Mungkin baru diatur, tanyakan ke Pak Mensesneg aja,” kata Jokowi. 

Baca juga:  3 Presiden Absen di KTT G20 Bali

Namun, dia siap menerima Syahrul Yasin Limpo yang ingin bertemunya. Saat ditanya apa yang akan disampaikannya jika bertemu Syahrul Yasin Limpo, Jokowi belum mengetahui.

ADVERTISEMENT

“Kalau sudah dijadwalkan akan saya terima,” ucapnya.

“Enggak tahu (apa yang disampaikan). Ketemu saja belum,” sambungnya.

“Ya tadi malem saya sudah diberikan kepada saya dari Mensesneg tentang surat pengunduran diri Pak Menteri Pertanian. Ya sudah saya terima dan pagi tadi sudah ditindaklanjuti dan sudah saya tanda tangan juga,” jelas Jokowi.

NasDem Sebut Tidak Siapkan Pengganti SYL

Baca juga:  Ketua KPK Firli Bahuri Ditetapkan Jadi Tersangka Pemerasan SYL

Waketum NasDem, Ahmad Ali menyebut, partainya tidak menyiapkan nama pengganti Syahrul Yasin Limpo (SYL) untuk diserahkan ke Presiden Jokowi. Ia menyerahkan sepenuhnya kepada Jokowi.

“Itu hak prerogatif Presiden, partai tidak punya hak untuk mengeklaim. Jadi silakan Pak Presiden menunjuk orang yang punya kapasitas,” kata Ali saat dihubungi, Jumat, 6 Oktober 2023, dilansir Kumparan.

Ia mengatakan NasDem akan mengikuti apa pun keputusan Jokowi terkait reshuffle kabinet ke depan.

“Kalau menyangkut pergantian di kabinet itu hak prerogatif dari Presiden,” tandas Ali.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Di Makassar, Penyuluhan Pencegahan Bahaya Narkoba Sasar Siswa Baru Momen MPLS

LAYAR NEWS, Makassar - Satuan Narkoba, Polrestabes Makassar, menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba dalam momen Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT