fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Kapolri Perintahkan Bareskrim Kawal Penyidikan Kasus Pemerasan SYL

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS  — Mabes Polri memastikan proses penyidikan dugaan pemerasan yang dilakukan pimpinan KPK terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) berjalan profesional.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah memerintahkan jajaran Bareskrim dan Propam untuk ikut mendampingi seluruh tahapan yang berjalan di Polda Metro Jaya.

“Saya sudah perintahkan agar prosesnya ditangani secara profesional. Karena itu di dalam setiap tahapannya dampingi Bareskrim, Propam saya minta turun,” jelasnya kepada wartawan, Selasa (17/10).

ADVERTISEMENT

“Sehingga setiap tahapan yang berjalan itu betul-betul profesional. Jadi itu yang tentunya saya minta, sehingga semuanya bisa dipertanggungjawabkan,” imbuhnya.

Baca juga:  Jabat Profesor Kehormatan Unhas, SYL Tetap Fokus Tugas Mentan

Listyo juga mewanti-wanti anggota Polda Metro Jaya agar tidak bersikap arogan dan membuka ruang bagi pihak eksternal dapat ikut mengawasi proses penyidikan.

“Pesan saya dilaksanakan cermat, profesional, tidak arogan. Kami membuka ruang agar ini bisa diawasi, bisa disupervisi baik oleh KPK ataupun dari unsur eksternal lainnya,” pungkasnya.

ADVERTISEMENT

Subdit V Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya saat ini tengah mengusut dugaan pemerasan yang dilakukan oleh pimpinan KPK kepada eks Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Baca juga:  Sakit, Syahrul Yasin Limpo Dilarikan ke RSPAD Sejak Kemarin

Kasus dugaan pemerasan ini telah masuk ke dalam tahap penyidikan berdasarkan gelar perkara pada Jumat 6 Oktober. Dalam kasus ini, penyidik menggunakan Pasal 12 huruf e atau Pasal 12 huruf B, atau Pasal 11 UU Tipikor Jo Pasal 65 KUHP.

 Dalam pengusutan kasus ini, Polda Metro Jaya juga telah KPK terkait permohonan supervisi penanganan perkara kasus dugaan pemerasan pimpinan KPK terhadap Syahrul Yasin Limpo.

ADVERTISEMENT

Permohonan supervisi tertanggal 11 Oktober itu berisi permohonan kepada Pimpinan KPK untuk menugaskan Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi untuk ikut terlibat dalam penanganan kasus itu.

Baca juga:  Di Sulsel, Daerah Ini Dapat Jatah 1 Juta Bibit Cabai dan Timun Program Presiden

Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak menjelaskan salah satu bentuk supervisi adalah pihak KPK bakal terlibat dalam proses gelar perkara di kasus dugaan pemerasan itu.

“Salah satu bentuk supervisi seperti itu, jadi pelibatan dalam rangka koordinasi dan supervisi, salah satunya adalah dalam bentuk gelar perkara bersama,” katanya, Jumat (13/10).

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Rinding Allo, Desa Memukau di Lutra yang Mirip Swiss dan Austria

Desa Rinding Allo berada di kawasan pegunungan Luwu Utara, Kecamatan Rongkong. Lokasinya yang terletak di ketinggian 1600 Mdpl.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT