fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Kasus Omicron Pertama Sulsel Ditemukan di Takalar

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Kasus Covid-19 varian Omicron pertama di Sulawesi Selatan (Sulsel) terdeteksi di Kelurahan Bontomarannu, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar.

Berdasarkan data kronologi yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Sulsel, pasien merupakan seorang laki-laki berinisial NR (27). Ia terkonfirmasi terpapar virus varian Omicron, setelah Dinas Kesehatan Sulsel mendapatkan hasil laboratorium dari Jakarta pada 20 Januari 2022 lalu.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinkes Sulsel, Husni Tamrin menjelaskan saat ini pasien sementara menjalani perawatan dan isolasi di RSUD Padjonga Dg Ngalle Kabupaten Takalar.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Bulukumba Kecipratan Bantuan Rp 50 Miliar dan 4 Bus dari Pemprov

“Tanggal 20 itu sudah ada hasil Lab atas nama NR, 27 tahun, laki-laki. Hasilnya positif. Sebelumnya dia memang sakit, dirawat di rumah sakit di Takalar, tapi tanggal 19 dia memaksa pulang. Begitu ada hasilnya saya langsung hubungi pihak Dinkes Takalar, untuk segera kembali dibawa ke rumah sakit untuk dirawat dan diisolasi, untuk menghindari penularan,” jelas Husni saat dikonfirmasi, Sabtu (22/1/2022).

Husni menambahkan pihaknya juga telah menurunkan Tim Reaksi Cepat dari provinsi untuk ikut menangani pasien tersebut. Kemudian, pihaknya juga telah melakukan contact tracing terhadap keluarga yang telah kontak erat dengan pasien.

Baca juga:  Menkes Dukung Usulan Gubernur RS UPT Vertikal Makassar Libatkan SDM di Sulsel

“Kita juga sudah lakukan kontak tracing dan langsung Swab terhadap tiga orang keluarganya karena ada kontak erat, ditambah ada 16 orang nakes yang selama ini merawat dia. Alhamdulillah hasilnya negatif semua,” tambah Husni.

ADVERTISEMENT

Ke depannya, pasien akan mendapatkan perawatan serta menjalani Swab Kontrol hingga sembuh total atau dinyatakan negatif.

“Tentu akan terus diisolasi sampai negatif, apalagi yang bersangkutan ada komorbid,” kata Husni.

Baca juga:  Aliyah Mustika - Kemenkes Bantu RSUP Wahidin Alat Deteksi Covid-19

Selain itu, Husni juga meminta masyarakat tidak panik serta tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat. Dia juga mengimbau agar masyarakat juga melakukan percepatan vaksin primer lengkap, dosis satu dan dua sebagai upaya pertahanan tubuh.

ADVERTISEMENT

“Karena strategi utama melawan ini virus adalah dengan vaksin dan kedua tetap menjaga protokol kesehatan,” pungkasnya.

Baca berikutnya: Pemprov Sulsel Datangkan Dua Alat Pendeteksi Omicron

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Nelayan yang Hilang di Perairan Bulukumba Ditemukan, Begini Kronologinya

LAYAR NEWS, Makassar - Tim SAR gabungan berhasil menemukan nelayan yang sempat dinyatakan hilang karena tak kembali ke rumah...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT