fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Kata Pakar Ini Satu-satunya Cara Hadapi Covid-19 Varian Delta

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Varian Delta telah ditemukan pada sejumlah kasus di Indonesia. Di antaranya, varian Delta atau B1617.2 yang pertama kali ditemukan di India.

Varian ini disebut-sebut lebih mudah menular. Bahkan, sejumlah pihak khawatir varian ini mampu ‘kabur’ dari vaksin.

Profesor Kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, Dr Kirsten Lyke menegaskan bahwa hal terakhir yang bisa diupayakan untuk melindungi diri dari varian Delta adalah memakai masker.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Dampak Covid-19, Banyak Pengidap Tuberkulosis Tak Dapat Perawatan

“Varian Delta lebih infektif, lebih menular. Dengan begitu, ditambah masih ada sebagian besar negara yang belum 50 persen masyarakatnya divaksin, saya pikir rekomendasi masker adalah pendekatan paling tepat sejak awal pandemi,” ujarnya, dikutip dari DetikHealth, Minggu (4/7/2021).

Dokter Spesialis Penyakit Dalam asal Indonesia, dr Andi Khomeini Takdir, menyebut apa pun varian Corona yang muncul seiring mutasinya, masker adalah kunci untuk melindungi diri.

Baca juga:  60 Persen Produk Makanan Nestle Tak Sehat, Kinerja BPOM Disoroti

“Varian apa pun yang kemudian nanti dirilis, kuncinya sebenarnya sederhana, masker. PR-nya kita sudah tahu, itu masker 2 lapis punya proteksi 90 persen which is lebih bagus, lebih tinggi daripada hanya 1 (lapis masker),” terangnya.

ADVERTISEMENT

“Jangan hanya berhenti sebatas kita tahu, tapi kita jadikan sebagai kebiasaan. Kita disiplinkan, kita ingatkan satu sama lain. Hanya dengan itu kita bisa turunkan kasusnya,” lanjutnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan masker dobel 90 persen efektif mencegah dari penularan virus. Ditambahkan oleh Satgas COVID-19, masker medis sebaiknya digunakan berlapis dengan masker kain.

Baca juga:  Klaster Sekolah, Puluhan Siswa dan Guru di Makassar Positif

Agar tidak mengganggu filtrasi, sebaiknya masker medis tidak digunakan berlapis dengan masker medis lainnya. Sedangkan masker KN95 lebih baik tidak didobel dengan masker jenis apa pun.

ADVERTISEMENT

Baca berikutnya: Ngeri! Covid-19 Varian Delta Bisa Menular Hanya dengan Berpapasan

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Grand Opening Modena Home Center di Rolling Hills Makassar

Modena Home Center membuka cabang baru di Kota Makassar
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT