fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Kelas Daring, Disdik Makassar Fasilitasi Smartphone

Promo

ADVERTISEMENT

Layar.news, Makassar – Pembelajaran di era Covid- 19 ini, Dinas Pendidikan kota Makassar akan memberikan bantuan smartphone atau gawai bagi siswa yang tidak memiliki fasilitas dalam kelas daring.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Amalia Malik mengatakan bahwa ada dana bantuan operasional sekolah atau dana bos afirmasi berupa tablet yang diperuntukkan bagi siswa yang tidak memiliki fasilitas gawai.

“Ada dana bos afirmasi untuk tahun kemarin diadakan beberapa sekolah yang dapat. Tahun ini yang belum dapat kita akan data berapa jumlah siswa yang kurang mampu,” ujarnya saat ditemui Layar.news di UNM, Selasa (04/08/2020).

ADVERTISEMENT

Amalia melanjutkan untuk tahun lalu sekolah SD yang mendapat bantuan afirmasi salah satunya adalah SD Bawakaraeng, SD Gunungsari, SD IKIP dan beberapa sekolah lainya.

“Ada 19 sekolah untuk tahun lalu mendapat bantuan afirmasi,” terangnya

Baca juga:  HUT RI ke-78, Kodim 1405/Parepare Gelar Lomba Sepakbola Pakai Daster dengan Kacamata Hitam

Untuk bantuan dana bos kinerja di peruntukkan bagi SMP negeri yang mendapat adiwiyata diantaranya SMP Negeri 8, SMP Negeri 6 dan SMP Negeri 2.

ADVERTISEMENT

Amalia menyebutkan, untuk tahun ini sudah ada empat ribu sekolah terdata tidak memiliki fasilitas gawai.

“Sampai saat ini sudah 4.500 sekolah SD dan SMP negeri yang tidak memiliki fasilitas itu. Mudah-mudahan semua yang kemarin dapat dana bos afirmasi berupa tablet, tahun ini bisa kita distribusikan lagi kepada mereka yang belum mendapatkan fasilitas itu,” tutur Amalia

“Kami akan bicarakan dengan sekolah yang mendapatkan bantuan dana bos afirmasi untuk di pinjamkan ke sekolah yang tidak mendapatkan dana bos afirmasi kinerja,” tambahnya

ADVERTISEMENT

Untuk mekanisme pendistribusian, kata Amalia akan dibuatkan berita acara peminjaman gawai kepada sekolah yang membutuhkan.

“Nanti kita buatkan berita acara peminjamannya. Tapi kalau itu hilang berarti menjadi tanggung jawabnya siswa. Kalau rusak tidak ada masalah, mudah-mudahan bisa digunakan semaksimal mungkin,” terang Amalia.

Baca juga:  Kadis Parmudora Lutim Buka Bimtek Penyusunan Laporan Keuangan KONI

Kata dia, Minggu ini sudah dilakukan pendataan sekolah-sekolah yang belum memiliki fasilitas gawai.

“Minggu ini, karena sementara masih berjalan pendataan sekolahnya. Supaya lebih jelas,” ungkapnya.

Diketahui, Dana Bos Afirmasi dan Kinerja akan diberikan untuk sekolah negeri dan swasta mulai dari SD, SMP, SMA, SMK dan SLB yang paling membutuhkan.

Dana bantuan afirmasi tahun ini diberikan sebesar Rp60 juta per sekolah untuk per tahunnya, dana disalurkan langsung dari Kementerian Keuangan ke rekening sekolah.

“Tahun inikan dapat bantuan Rp60 juta rata. Selain Negeri, Swasta juga akan dapat,” urai Amalia.

Penggunaan dana ini untuk pembayaran guru honorer, pembayaran tenaga kependidikan jika dana masih tersedia, belanja kebutuhan belajar dari rumah seperti pulsa, paket data, layanan pendidikan daring berbayar, dan belanja kebutuhan kebersihan terkait pencegahan COVID-19 seperti sabun, pembasmi kuman, dan penunjang kesehatan lainnya.

Baca juga:  Solar Langka di Bone, Pj Gubernur Instruksikan TPID Berkoordinasi ke Pertamina 

Ada dua syarat sekolah yang berhak mendapatkan bantuan tersebut. Pertama, berada di wilayah terpencil atau terbelakang, kondisi masyarakat adat yang terpencil, perbatasan dengan negara lain, dan terkena bencana alam, bencana sosial, atau daerah yang berada dalam keadaan darurat lainnya (sesuai Permendikbud No. 23 / 2020, Kepmendikbud No. 580 / 2020, dan Kepmendikbud No. 581 / 2020).

Kedua, diprioritaskan untuk sekolah dengan proporsi siswa dari keluarga miskin lebih besar, sekolah yang menerima dana BOS Reguler lebih rendah, dan sekolah yang memiliki proporsi guru tidak tetap lebih besar (sesuai Permendikbud No. 24 / 2020 dan Kepmendikbud No. 582 / 2020)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Baintelkam Mabes Polri Cek Senpi di Lapas Makassar

LAYAR NEWS, Makassar – Dalam rangka pengawasan inventaris terkait kepemilikan senjata api (senpi) Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT