fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Kenali Hak Warga Negara Memperoleh Informasi Publik

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Informasi publik merupakan hak fundamental bagi setiap warga negara. Hak ini dijamin oleh Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Karena dilindungi aturan, masyarakat tentu punya kepentingan untuk mengetahui dan mengakses informasi. 

Di Sulsel, pemerintah menjamin hak itu. “Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan menegakkan hak-hak masyarakat atas informasi dengan memberikan akses yang adil dan terbuka,” tulis pesan yang dilansir dari akun resmi Instagram Dinas Kominfo Sulsel, Kamis, 28 Maret 2024.

Baca juga:  Polemik W Super Club, Begini Respons Pj Gubernur Sulsel

Pemprov Sulsel bahkan mengedukasi masyarakat untuk mengenali hak kita selaku warga negara dalam memperoleh informasi publik. Pertama, hak untuk mengajukan permohonan informasi, hak untuk mendapatkan informasi, hak untuk memperoleh salinan informasi. 

ADVERTISEMENT

Kemudian, hak untuk mengetahui status permohonan, hak untuk mengetahui alasan penolakan, hak untuk mengajukan banding, hak untuk privasi, hak untuk menerima informasi yang jelas dan mudah dipahami, hak untuk memperoleh informasi tanpa diskriminasi dan hak untuk berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan. 

Baca juga:  Biden dan Xi Akan Bertemu Langsung di KTT G20 untuk Pertama Kalinya

Informasi publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikuasai, atau dimiliki oleh Badan Publik, seperti lembaga pemerintahan, badan usaha milik negara, dan organisasi nirlaba yang menerima dana publik.

Hak mendapatkan informasi publik adalah pilar penting dalam mewujudkan demokrasi yang sehat. Dengan memahami hak ini, masyarakat dapat berperan aktif dalam mengawasi kinerja pemerintah dan mewujudkan good governance.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Grand Opening Modena Home Center di Rolling Hills Makassar

Modena Home Center membuka cabang baru di Kota Makassar
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT