fbpx
No menu items!

Kenali Perilaku Phubbing, Mengabaikan Orang Sekitar karena HP

Promo

LAYAR.NEWS – Penggunaan handphone (HP) bisa membuat seseorang kecanduan. Apalagi dengan hadirnya berbagai media sosial dan game online yang dapat membuat seseorang makin nempel dengan handphone miliknya.

Hal tersebut dapat memicu perilaku Phubbing, yaitu mengabaikan kehadiran orang lain karena terlalu asyik dengan ponselnya.

Melansir Alo Dokter, istilah phubbing atau phone snubbing pertama kali diperkenalkan oleh biro iklan Australia pada 2012, untuk menggambarkan seseorang yang begitu terpaku pada ponsel alih-alih berinteraksi dengan lawan bicaranya.

Perilaku phubbing diduga disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kecanduan media sosial, kurangnya kontrol diri, dan perasaan takut ketinggalan (FOMO).

Penelitian menunjukkan bahwa phubbing dapat merusak hubungan atau relasi, baik dalam konteks hubungan romantis, pertemanan, keluarga, maupun pekerjaan. Hal ini karena, perilaku phubbing akan mengganggu percakapan, yang kemudian berujung pada kesalahpahaman antar individu.

Berikut tanda-tanda seseorang telah memiliki perilaku Phubbing:

  • Meletakkan ponsel di samping hidangan saat sedang makan bersama keluarga, teman, kolega, atau pasangan dengan tujuan untuk berjaga-jaga jika ada panggilan atau notifikasi
  • Melakukan dua percapakan sekaligus, yaitu melalui sambungan telepon dan secara langsung
  • Selalu memeriksa ponsel di mana pun dan kapan pun, terutama saat bersama orang lain
  • Jika tanda-tanda di atas ada pada diri Anda ataupun orang terdekat, maka hal tersebut termasuk perilaku phubbing.

Tentunya, dengan kecanduan pada handphone ini akan memberi dampak buruk dalam kehidupan baik dari segi hubungan sosial maupun kesehatan mental. Untuk itu, perlu mengendalikan diri dalam menggunakan handphone, mengakses media sosial ataupun bermain game online.

Baca berikutnya: Kenali Ciri-ciri Selfitis, Perilaku Kecanduan Foto Selfie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini

Bareng Beat Brotherhood, Maxbro Bagi-bagi 250 Paket Takjil

LAYAR.NEWS, MAKASSAR - Komunitas Maxim Brothers (Maxbro) membagikan 250 paket menu takjil kepada warga dan pengendara yang melintas di...

Populer

Berita Terkait