fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Kisah Masjid Arab di Tengah Kawasan Penduduk Tionghoa Makassar

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Masjid Assaid, menjadi salah satu saksi sejarah keberagaman budaya yang ada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Konon, masjid ini diklaim menjadi salah satu yang tertua di Indonesia. Masjid Assaid sering juga disebut dengan Masjid Arab. Itu karena sejarahnya tak terlepas dari campur tangan orang-orang keturunan Arab.

Dilansir dari buku Bangunan Bersejarah di Kota Makassar, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Makassar, Jumat, 15 Maret 2024, masjid dibangun pada tahun 1907. Pendirinya adalah salah satu keluarga dari para pendatang keturunan Arab yang berlabuh di Kota Makassar, dulu Ujung Pandang. 

Baca juga:  RPH Makassar Buka Peluang Bisnis Penghasilan Rp6 Juta-an Per Bulan

Masjid ini merupakan tempat pertemuan warga keturunan Arab di Makassar dan menjadi simbol persatuan dan kesatuan masyarakat Arab yang ada di Sulsel pada umumnya. Uniknya masjid ini terletak di tengah-tengah kawasan penduduk Tionghoa di Makassar. 

ADVERTISEMENT

Masjid terletak di antara Jalan Lombok-Jalan Ende-Jalan Sumba. Lokasinya kawasan pecinaan. Catatan sejarah lain zaman kolonial Belanda mengulas bahwa, lokasi masjid ini berdiri disediakan untuk orang-orang pendatang dari Melayu. Hal tersebut dilakukan agar secara politis mereka lebih mudah bekerja sama. 

Baca juga:  Cerita Tentang Kantor Pos Tertua di Kota Makassar 

Tempat ini berdampingan dengan orang-orang Eropa. Daerah ini selanjutnya berkembang menjadi kawasan campuran Tionghoa-Melayu. Namun karena penduduk Tionghoa mendominasi sehingga lokasi ini identik dengan nama Kampung Cina. 

Adanya percampuran penduduk bermukim di kawasan tersebut terlihat jelas dari lokasi masjid ini. Sebelah timur masjid berdampingan dengan Hollands-Chinese School. Keberadaan masjid ini menjadi penanda begitu sejuknya keberagaman budaya dan kepercayaan yang ada di Kota Daeng.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Segini Total Debitur di Sulsel yang Akses Dana KUR

(Sumber foto: Rappler.com)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Wali Kota Danny Minta OPD Lebih Gesit Persiapkan Pembahasan APBD 2025

Wali Kota Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan jajaran SKPD Pemkot Makassar menggelar Rapat Koordinasi Lingkup OPD di Kantor Balai Kota
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT