fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Klaim yang Pertama di Indonesia, Tim Komite Ekonomi Sulsel Terbentuk Ini Tugasnya

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Penjabat Gubernur Bahtiar Baharuddin, telah mengumumkan pembentukan tim Komite Ekonomi Sulawesi Selatan (KESS). Tim ini menurutnya dibentuk untuk membangun sektor ekonomi di daerahnya, hari ini dan ke depan. 

“Ini juga yang kita declare (menyatakan), bahwa kita membentuk Komite Ekonomi Sulawesi Selatan atau disingkat KESS, komite yang mungkin pertama kali ada di Indonesia,” kata Bahtiar dilansir dari laman resmi Pemprov Sulsel, Jumat, 12 Januari 2024.

Baca juga:  Ketua DPRD Makassar Rudianto Lallo Hadiri Rakernas APEKSI XVI

Bahtiar menyebutkan, bentuk komite ini mengadopsi model Dewan Ekonomi Nasional yang selama ini mendampingi pemerintahan nasional. Komite ini dinilai akan sama efektif dengan seperti Dewan Pemantapan Ketahanan Ekonomi dan Keuangan (DPKEK), untuk mendampingi sebagai think-tank alternatif. 

ADVERTISEMENT

Sekaligus eksekutor alternatif Pemerintah Indonesia pada transisi pemerintahan di tahun 1998. “Ide besar ini kita buat, sekaligus menyampaikan kepada masyarakat Sulsel, menyampaikan kepada publik secara nasional. Bahwa ini adalah bentuk inovasi kecil yang dilakukan oleh kami di Pemprov membentuk KESS,” jelasnya.

Baca juga:  Ditlantas Polda Sulsel Tentukan Jenis Knalpot Brong Pakai Cara Ini 

Komite ini akan diberikan otoritas, bukan hanya sebagai lembaga dialogis, tetapi sekaligus untuk memudahkan pelaksanaan program prioritas Penjabat Gubernur. Diantaranya kemudahan pelayanan publik dan investasi, serta sinergi program prioritas pusat dan daerah. 

Yang diamanahkan menjadi Ketua KESS adalah Tanri Abeng. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pertama di Indonesia ini juga merupakan mantan Anggota DPKEK. “Ini untuk membangun Sulsel dengan cara baru atau metode baru dengan tata kelola pemerintahan yang ada,” ujarnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  10,2 Ton Kemiri dari Sidrap Sulsel Merambah Arab Saudi

Bahtiar berharap, BUMD Sulsel semakin kuat, termasuk dengan perbaikan manajemen dengan target standar internasional. “Beliau akan menjadi leader BUMD yang ada di Sulsel dan seluruh aset yang potensial akan kita konsolidasikan untuk dikelola oleh BUMD agar menjadi sumber pemasukan juga bagi Pemerintah Sulsel, sehingga Sulsel dapat memiliki duit yang cukup untuk membangun,” harapnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Grand Opening Modena Home Center di Rolling Hills Makassar

Modena Home Center membuka cabang baru di Kota Makassar
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT