fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

KN SAR Kamajaya Dikerahkan Cari 21 Orang ABK Kapal Ikan Terbalik di Perairan Selayar

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Upaya pencarian Anak Buah Kapal (ABK) Yuiee Jaya 2 yang tenggelam di sekitaran perairan Selayar masih terus dilakukan oleh Basarnas dan Potensi SAR hari ini, Kamis, 14 Maret 2024.

Basarnas Makassar menambah personel pencari dan mengerahkan alut utama berupa Kapal KN SAR Kamajaya 104 yang berangkat dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar menuju ke Perairan Selayar.

“Ada sekitar 49 orang tim dari Basarnas terdiri dari ABK kapal dan Tim Rescuer dan dipimpin langsung oleh Kepala Operasi dan Siaga Basarnas Makasar,” kata Kepala Kantor Basarnas Makassar, Mexianus Bekabel dalam keterangan tertulisnya kepada jurnalis, Kamis siang.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Sepekan Lebih Insiden Kapal Terbalik di Perairan Selayar, 18 Orang Masih Dicari

Lebih lanjut, Mexianus menerangkan bahwa KN SAR Kamajaya 104 dilengkapi dengan 2 Rigid Inflatable Boat (RIB) yang akan digunakan melakukan pencarian di sekitar lokasi area sesuai dengan sebaran aplikasi SARMap milik Basarnas. 

“Jadi nanti tim tambahan akan memulai pencarian besok pagi dengan area pencarian di sebelah timur pulau Selayar menggunakan RIB KN SAR Kamajaya 104 dengan fokus mengikuti prediksi sebaran aplikasi SARMap,” terang Mexianus.

Baca juga:  Soal Operasi SAR, Begini Arahan Kabadan ke Personel Basarnas Makassar

Jumlah korban yang belum ditemukan masih ada 21 orang dari 35 POB (Person On Board) dari Kapal Yuiee Jaya 2. Total 12 orang sudah ditemukan selamat terdampar di Pulau Selayar dan ditemukan nelayan terombang-ambing di laut, sementara 2 lainnya ditemukan meninggal dunia.

ADVERTISEMENT

Sebelumnya, Kapal Yuiee Jaya 2 dilaporkan tenggelam setelah beberapa ABK-nya ditemukan terdampar di Jampea Selayar pada Senin, 11 Maret, dan menyampaikan bahwa kapal mereka dengan 35 orang POB terbalik dan tenggelam setelah dihantam badai sejak Sabtu, 9 Maret dini hari sekitar 52 nautikalmil dari Pelabuhan Benteng Selayar.

Baca juga:  Sempat Diduga Meninggal Oleh Keluarganya, OT Asal Surabaya Terlantar di Makassar Kini Sudah Dipulangkan

Proses pencarian dilakukan oleh Basarnas Makassar dengan mengerahkan personel pos SAR Selayar menggunakan RIB dan perahu nelayan. “Semoga dengan tambahan alut dan personel, seluruh korban bisa segera kita temukan,” harap Mexianus.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Wali Kota Danny Minta OPD Lebih Gesit Persiapkan Pembahasan APBD 2025

Wali Kota Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan jajaran SKPD Pemkot Makassar menggelar Rapat Koordinasi Lingkup OPD di Kantor Balai Kota
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT