fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Kodim 1408/Makassar Tanam Pohon Hijaukan Kampung Nelayan Untia

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR – Jajaran personel Kodim 1408/Makassar bersama TNI/Polri, pemerintah kota, dan masyarakat setempat melakukan aksi penghijauan penanaman pohon di Kawasan Kampung Nelayan Untia, Kamis (7/12).

Penanaman sejuta pohon dipimpin langsung Aster Kasdam Kolonel Inf Persada Alam mewakili Panglima Kodam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Totok Imam dan diikuti oleh seluruh koramil di wilayah Kodim 1408/Makassar.

Dalam arahannya, Aster Kasdam Kolonel Inf Persada Alam menyampaikan jika penanaman sejuta pohon sebagai bentuk mitigasi terhadap perubahan iklim yang terjadi saat ini.

ADVERTISEMENT

Perubahan iklim, lanjut Kolonel Inf Persada Alam, sangat berpengaruh terhadap situasi dan kondisi sosial. Bahkan perubahan iklim ini menyebabkan berkembangnya beberapa penyakit seperti DBD.

Baca juga:  Fatmawati Rusdi Tekankan OPD Punya Program Selaras Kebutuhan Rakyat

Berdasarkan jurnal yang meneliti terkait hubungan perubahan iklim dengan peningkatan penyakit DBD disebutkan bahwa penyumbang DBD di Sulsel 32% berasal dari tiga kabupaten/kota. Diantaranya Gowa, Makassar, dan Maros.

“Dan ternyata hasil penelitian itu memang untuk wilayah tidak terlalu terpengaruh perubahan cuaca terkait dengan penyakit DBD. Tapi Gowa dan Maros itu ada pengaruhnya ternyata. Tapi kan iklim di sini (Makassar) memungkinkan potensi itu,” kata Kolonel Inf Persada Alam.

ADVERTISEMENT

Ia pun berharap dengan penanaman sejuta pohon ini dapat memberikan kehidupan bagi masyarakat sekitar yang jauh lebih baik. Sekaligus mendukung program pemerintah low carbon.

“Satu pohon tentunya harapan kita bisa memberikan selain oksigen, juga bisa menyerap air dan di saat kekeringan nanti bisa menyimpan air dan memberi keteduhan,” tuturnya.

Baca juga:  Sejauh Mana Kesiapan Pattiro Bajo Bone Jadi Pelabuhan Tol Laut?

Sementara, Dandim 1408/Makassar Letkol Inf Lizardo Gumay mengatakan pada kegiatan kali ini pihaknya mengusung slogan ‘Satu Juta Pohon untuk Makassar’.

ADVERTISEMENT

Hanya saja khusus untuk hari ini pihaknya menanam 800 pohon dari berbagai jenis. Diantaranya, pohon ketapang, pohon mahoni, dan phon mangga.

Kegiatan ini, kata Letkol Inf Lizardo Gumay menyebut ada kurang lebih 1.200 orang yang terlibat di dalam kegiatan ini. Terdiri dari unsur TNI/Polri, Mahasiswa, Pelajar, OKP, dan masyarakat umum.

Ini merupakan intruksi langsung dari Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jendral TNI Maruli Simandjuntak.

Baca juga:  Danny Pomanto Raih Penghargaan Wali Kota Terpopuler Media Online di Indonesia

“Target kami untuk sejuta pohon untuk Desember ini adalah 1.000 pohon, dan hari ini kita menanam 800 pohon,” ujarnya.

Tidak hanya menanam pohon di Kawasan Kampung Nelayan Untia, Letkol Inf Lizardo Gumay menjelaskan jika penanaman pohon ini juga akan dilakukan di 14 koramil se-Kota Makassar.

“Kita sengaja pilih di sini karena memang Kampung Nelayan ini butuh banyak pohon. Apalagi daerah ini rawan banjir, jadi ada pohon keras untuk menahan laju air sehingga banjir tidak ada. Ada juga pohon buah yang nantinya bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar,” tutupnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Saling Ejek, Kelompok Remaja di Makassar Bentrok 5 Orang Sempat Diamankan

Dua kelompok remaja di Jalan Pampang 4, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, sempat terlibat bentrok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT