fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Komposisi Final DCS Masuk, Bawaslu Sulsel Fokus Cari Berkas Bacaleg Mantan Narapidana

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Selatan tengah fokus mencermati dokumen-dokumen bakal calon legislatif (bacaleg) pengganti sebelum disahkan menjadi Daftar Calon Tetap (DCT) calon legislatif (caleg).  

Komisioner Bawaslu Sulsel Andarias Duma mengatakan pihaknya memiliki waktu hingga 28 Oktober 2023 untuk melakukan pencermatan administrasi bacaleg pengganti yang disetor para pengurus partai politik.

Baca juga:  Bawaslu Sulsel Ajak Warga Awasi Proses Pemilu 2024 Ini

“Fokus Bawaslu ini terkait pergantian itu misalnya ada mantan narapidana yang digantikan masuk. Tapi itu kewenangan partai, cuman nanti pengawasan kita fokus di administrasinya,” kata Andarias, Kamis, 5 Oktober 2023. 

ADVERTISEMENT

Mantan ketua Bawaslu Toraja Utara ini juga telah menginstruksikan kepada ke Bawaslu Kabupaten/kota untuk lebih fokus pada dokumen bacaleg pengganti. Bawaslu juga telah menyampaikan ke pihak KPU agar lebih teliti memeriksa dokumen bacaleg pengganti.

Baca juga:  Pemkab Sidrap Siapkan 1.500 Hektar Lahan untuk Budidaya Pisang

“Kita sudah sampaikan ke kabupaten/kota terkait kelengkapan pergantian mengenai administrasi  kalau ada yang diganti,” ujarnya.

Jika dilakukan pergantian Bacaleg tapi dalam penelitian berkas dan masih kekurangan dokumen atau tidak memenuhi syarat. Maka dipastikan Bacaleg tersebut gugur.

ADVERTISEMENT

“Mereka pergantian. Jangan sampai yang menggantikan tidak memenuhi syarat,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Beautiful Malino 2024, PLN Sukses Hadirkan Listrik Energi Hijau Tanpa Kedip

LAYAR NEWS, GOWA - PT PLN (Persero) berhasil menyediakan listrik yang handal tanpa gangguan (zero down time) selama acara...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT