fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

KPU Makassar Siap Tindaklanjuti Rekomendasi Pemecatan 8 Anggota PPS yang Melanggar

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar siap menindaklanjuti permintaan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Makassar yang merekomendasikan memberhentikan sebanyak 8 orang anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) karena pelanggaran.

Komisioner KPU Makassar, Endang Sari mengungkapkan pihaknya sudah menerima surat rekomendasi dari Bawaslu soal status temuan terhadap 8 anggota PPS yang melakukan pelanggaran kode etik.

Menurut Endang dalan waktu dekat akan segera ditindaklanjuti rekomendasi dari Bawaslu Makassar tersebut.

ADVERTISEMENT

“Kami menghormati proses yang sedang berjalan. Segera kami tindaklanjuti setelah menyelesaikan penetapan DPT (daftar pemilih tetap),” ungkap Endang, Kamis, 22 Juni 2023.

Baca juga:  Distribusi Logistik Pemilu 2024 untuk 1 Kecamatan di Makassar Diundur Sehari

Dia juga menegaskan, bahawa rekomendasi Bawaslu Makassar menjadi dasar utama KPU untuk mengambil keputusan. Namun pihaknya tetap menghargai hak-hak hukum yang dimiliki oleh para PPS.

“Dengan cara mempedomani pedoman penindakan pelanggaran kode etik adhoc, yang ada di PKPU. Jadi kita tetap berpedoman dengan PKPU. Nanti akan dipanggil semuanya. Nanti kita akan mintai keterangan, jadi prosedurnya step by step,” tutupnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  DPT Makassar untuk Pemilu 2024 Naik 13%, Ada 18.254 Pemilih Potensial Non e-KTP

Sebelumnya diberitakan Ketua Bawaslu Makassar, Abdillah Mustari mengatakan pihaknya telah memeriksa sebanyak 12 anggota PPS dari Daerah Pemilihan (Dapil) 5 Makassar terkait adanya pertemuan dengan bakal calon legislator (bacaleg).

Abdullah mengatakan dari hasil pemeriksaan ditemukan 8 anggota PPS terbukti melakukan pelanggaran.

“Kami sudah melakukan rapat pleno. Ada 8 PPS yang terbukti melakukan pelanggaran kode etik. Kami di Bawaslu merekomendasikan sanksi minimal peringatan keras sampai pemberhentian sebagai penyelenggara Pemilu,” kata Abdillah,

ADVERTISEMENT

Dia menuturkan, pihaknya sudah meneruskan surat pemberitahuan tentang status hukum 8 terlapor ke KPU Makassar. Dengan nomor temuan 002/Reg/TM/PL/KOTA/27.01/VI/2023 dan status selesai ditindaklanjuti.

Baca juga:  Gojek Promo Spesial Dukung Program Ojol Day Pemkot Makassar

“Kami sudah melayangkan rekomendasi ke KPU Makassar soal hasil pemeriksaan PPS yang diduga bertemu dengan Bacaleg. Soal sanksinya, itu tergantung ke KPU,” ujarnya.

Para penyelenggara pemilu berstatus Terlapor semuanya berasal dari Kecamatan Tamalate. Diantaranya Ketua PPS Tanjung Merdeka A Burhanuddin, Ketua PPS Balang Baru Ahmad SE, Anggota PPS Bongaya Budi Setiawan, Anggota PPS Parang Tambung Hardi.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Tiga Nama Calon Bupati Takalar Bersaing Dapatkan Rekomendasi PPP

Layar.news, Takalar - Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Takalar bakal segera mengeluarkan surat rekomendasi dukungan calon bupati Takalar.Ketua DPC PPP...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT