fbpx
No menu items!

KPU Mau Sederhanakan Desain Surat Suara, Ini Saran DPR

Promo

LAYAR.NEWS – Komisi Pemilihan Umum (KPU) berencana menyederhanakan desain surat suara yang akan digunakan untuk Pemilu 2024. Hal ini berkaitan dilangsungkannya Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak, Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) di tahun yang sama.

Menanggapi rencana KPU tersebut, Ketua Komisi II DPR Ahmad Doli Kurnia menyambut baik inisiatif tersebut. Dengan harapan, para pemilih di pemilu 2024 nanti tidak dirumitkan kembali saat akan menggunakan hak pilihnya di bilik suara.

Meski begitu, Doli menilai, rencana menyederhanakan desain surat suara ini tetap perlu dikaji secara matang. Untuk memastikan hal tersebut memang mempermudah pemilih bukan justru memperumit.

“Tinggal nanti semua usulan-usulan atau ide itu kita kaji ya apakah memang usulan itu memang betul-betul menambah mudah atau menambah rumit? Kan gitu,” kata Doli dikutip dari OkeZone pada Jumat (4/6/2021).

Pada penyelenggaraan pemilu tahun 2019 kemarin, lanjut Doli, pemilih untuk pertama kalinya dihadapkan dengan 5 kertas suara. Dengan adanya rencana penyederhanaan ini, Doli menyinggung terkait sosialisasi kembali kepada pemilih. Sehingga yang menjadi pertimbangan adalah “apakah memiliki waktu yang cukup?”.

“Ini yang saya kira nanti perlu kita kaji. Kalau memang nanti dalam kajian kita itu bisa kita anggap memudahkan, dan kita punya waktu yang cukup untuk sosialisasi, ya ide apapun saya kira kita bisa kembangkan,” ujar dia.

Baca berikutnya: Tok! Pileg dan Pilpres Digelar pada 28 Februari 2024

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Masyarakat Adat Kajang Akhirnya Lakukan Perekaman E-KTP, Ini Alasannya

Setelah sebelumnya sempat menolak, masyarakat adat Amma Toa, Kajang, Kabupaten Bulukumba akhirnya bersedia melakukan perekaman e-KTP.

Populer

Berita Terkait