fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

KPU Umumkan Hasil Pemilu 2024: Prabowo-Gibran Unggul 

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Jakarta – Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan secara resmi hasil rekapitulasi pemungutan suara Pemilu Serentak 2024, Pasangan Calon Presiden dan Cawapres. Hasil ini menjadi rujukan siapa yang bakal memimpin Indonesia lima tahun kedepan. 

Pengumuman ini dibacakan langsung oleh Ketua KPU RI, Hasyim Asyari, Rabu, 20 Maret 2024 malam. “Jumlah suara sah nasional sebanyak 164.227.475,” katanya dalam siaran langsung yang dilansir dari akun resmi YouTube KPU RI, Rabu malam. 

Baca juga:  Fahri Hamzah: Mental Orba Pindah ke Rektorat UI

Dalam rekapitulasi peroleh suara, jumlah suara sah masing-masing capres dan cawapres dengan rincian, jumlah suara sah paslon presiden-cawapres nomor urut 01, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar berjumlah 40.971.906 suara.

ADVERTISEMENT

Jumlah suara sah paslon presiden dan cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka berjumlah 96.214.691 suara. Sementara jumlah suara sah paslon presiden dan cawapres nomor urut 03, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD berjumlah 27.040.878.

Baca juga:  Survei Fenometer: Anies dan Nasdem Punya Elektabilitas Digital Tertinggi

Prabowo-Gibran memenangkan di 36 provinsi. Sedangkan, pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar menang di 2 provinsi. Sementara itu, pasangan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD tidak mampu unggul di provinsi mana pun.

“Hasil Pemilu secara nasional dimaksud dalam diktum ke satu sampai diktum kelima ditetapkan pada Rabu tanggal 20/3/2024 pukul 22.19 WIB. Keputusan ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan 20 Maret 2024,” kata Hasyim.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pemutakhiran Data Pemilih Pemilu 2024 Akan Disinkronkan dengan Peteksi Wajah

(Foto: Akun X KPU RI)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Saling Ejek, Kelompok Remaja di Makassar Bentrok 5 Orang Sempat Diamankan

Dua kelompok remaja di Jalan Pampang 4, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, sempat terlibat bentrok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT