fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Kuliner Khas yang Patut Dicoba Bagi Kamu yang Baru Pertama ke Makassar

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Bicara tentang Kota Makassar, Sulawesi Selatan, kita tak hanya sekedar mengingat sejarah tentang peperangan dan sistem perdagangan masa lalu. Di sisi lain, Kota Daeng juga menyimpan banyak cerita tentang gastronomi khas daerah ini. Aneka ragam kuliner dengan taburan rempah akan banyak kita jumpai ketika berada di sini. 

“Sobat Explore ini pertama kalinya kamu datang ke Kota Makassar? Persiapkan dirimu untuk petualangan kuliner yang tak terlupakan karena kota Makassar punya hidangan enak yang wajib untuk dicicipi,” tulis akun resmi Instagram Tourism Makassar, Dinas Pariwisata Makassar yang dilansir, Rabu, 7 Februari 2024.

Artikel kali ini, akan mengulas sejumlah kuliner khas Makassar yang populer sekaligus lokasi yang patut kamu coba ketika berkunjung. Pertama adalah coto. Hampir semua dari kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan berkuah yang satu ini. Coto Makassar, dengan campuran daging nikmat disantap bersama pasangannya, ketupat. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pejabat Pemkot Ramai ke Pemprov, Rudy: Hak PNS

Rekomendasi tempat yang pas untuk kamu kunjung menikmati coto di Makassar yakni Coto Nusantara di Jalan Nusantara Baru, Nomor 142, Coto Paraikatte, Jalan AP Pettarani-Perintis Kemerdekaan, Aroma Coto Gagak di Jalan Gagak dan Coto Ranggong di Jalan Ranggong. Lokasi di atas cukup recomended karena dianggap sudah menjadi legenda. 

Berikutnya ada kuliner Pallubasa. Nyaris serupa dengan coto yang bertabur dengan daging, kuah Pallubasa dicampur dengan parutan kelapa sangrai dan ditambah dengan toping kuning telur ayam kampung. Nah, lokasi yang disarankan menikmati Pallubasa ini ada di Pallubasa Serigala di Jalan Serigala dan Pallubasa Onta di Jalan Onta Lama.

Baca juga:  PSSI Mengadu ke AFC Soal Kepemimpinan Wasit di Laga Timnas Lawan Qatar

Kemudian ada Konro Bakar. Bedanya dengan dua kuliner di atas, konro bakar menggunakan rusuk sapi sebagai sajian utama. Sebenarnya ada juga konro dengan kuah. Namun daging untuk konro bakar mesti dimasak lebih dulu sebelum dibakar agar lebih gurih. Lokasi yang pas untuk menikmatinya di Konro Karebosi Jalan Gunung Lompobattang dan Warung Pangkep di Jalan Ratulangi. 

ADVERTISEMENT

Khusus untuk Sop Konro kamu disarankan untuk menikmati sajiannya di Warung Sop Konro H Ronny di Jalan Kumala II, Sop Konro Bawakaraeng di Jalan Gunung Bawakaraeng dan Sop Konro Sulawesi di Jalan Sulawesi-Jalan AP Pettarani. 

Baca juga:  PMI Makassar Dorong Penyintas Covid-19 Donorkan Plasma Konvalesen

Terakhir adalah Sop Saudara. Jangan khawatir dengan namanya, Sop Saudara juga identik dengan daging sapi. Tempat yang patut kamu kunjungi di Warung Pangkep Sop Saudara di Jalan Wahidin Sudirohusodo, Sop Saudara Andalas di Jalan Andalas dan Sop Saudara Flyover di Jalan AP Pettarani. 

“Sob Kota Makassar bukan hanya destinasi wisata sejarah, tetapi juga surganya para pecinta kuliner. Jadi, jangan lewatkan kesempatan untuk mencicipi kelezatan kuliner Kota Makassar saat pertama kali menginjakkan kaki di sini! Selamat menjelajahi Makassar Kota Makan Enak sob!”

ADVERTISEMENT

(Sumber foto: Veriyanta Kusuma-Wikipedia.org)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Kemenag Sulsel Didesak Tertibkan Travel Haji yang Rugikan Masyarakat

LAYAR NEWS, Makassar - Ketua Komisi I DPRD Sidrap, Ahmad Shalihin membeberkan bahwa pada penyelenggaraan ibadah haji tahun ini,...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT