fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Kunjungan Wisman Sulsel Anjlok 79 Persen di Tahun 2020

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat kunjungan Wisatawan Mancanegara (wisman) di sepanjang tahun 2020 mengalami penurunan yang sangat signifikan.

Kepala BPS Sulsel, Yos Rusdiansyah mengatakan, jumlah wisman hanya 3.573 di tahun 2020, jauh dari tahun sebelumnya 2019 yang mencapai 17.771 wisman.

“Karena tidak begitu banyak jadi capainnya hanya 3.573 pada 2020 atau turun 79 persen mendekati 80 persen. Ini sangat wajar,” ujar Yos Rusdiansyah.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Oktober 2020, Nilai Impor Sulsel Turun 19,58 Persen

Kemerosotan jumlah kunjungan wisman ke Sulsel, lanjutnya, tidak terlepas karena hantaman pandemi Covid-19 yang menyerang segala sektor termasuk pariwisata.

“Tentu ini berkolerasi dengan pembatasan atau pelarangan wisatawan mancanegara masuk ke Indonesia, dampak Covid-19 sejak April kita rasakan,” jelas Yos.

Di awal tahun 2020, jumlah wisman pada Januari hanya mencapai 1.333 wisman, Februari sebanyak 1.210, dan terus mengalami penurunan hingga Maret sejumlah 1.029 wisman. Memasuki April, jumlah wisman menjadi 0 atau tidak ada hingga Desember

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Khofifah Indar Parawansa Paparkan Strategi Peningkatan Iklim Investasi di LAN-RI Makassar

Yos menjelaskan, sejak April hingga Desember 2020 hanya ada satu Wisman yang berkunjung ke Sulsel di bulan November. Dan setelah melakukan penyusuran, ternyata warga negara Indonesia yang telah berpindah kewarganegaraan, kemudian mendarat di Sulsel menggunakan pesawat kargo.

“Di November ada satu orang. Kita sudah cek itu warga negara Indonesia yang sudah pindah kewarganegaraan dan masuk (ke Sulsel) lewat pesawat kargo,” jelasnya.

Sementara itu, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) berbintang pada bulan Desember 2020 mengalami sedikit kenaikan dari November. Meskipun jika melirik year on year Desember 2019 terjadi penurunan -1,20 poin.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pertumbuhan Ekonomi Indonesia minus 0,74% pada Kuartal Pertama

“Tingkat Penghunian Kamar berbintang Desember naik 12,26 poin dibanding November 2020 mencapi 54,2 persen,” ungkapnya.

Kendati pada bulan Oktober hingga Desember trendnya meningkat dibanding pada Juli, Agustus dan Semptember, secara tahunan angkanya masih di bawah tahun 2019.

Baca berikutnya: Tongke-tongke Destinasi Wisata Utama di Sinjai

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Silaturahmi Momen Iduladha, Ini Sederet Hal yang Jadi Atensi Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel

Pj Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh, memanfaatkan momen hari raya Iduladha ini untuk bersilaturahmi dengan Forkopimda.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT