fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Kurangnya Informasi Aksesibilitas ke Lokasi TPS, Penyandang Disabilitas Makassar Minta Satgas Disabilitas Pemilu Dibentuk

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR — KPU Kota Makassar bersama PPK Kecamatan Tallo dan Panakkukang melaksanakan sosialisasi tahapan dan partisipasi PEMILU di SLB YAPTI Kecamatan Tallo, Kota Makassar, Sabtu, 29 Juli 2023.

Sosialisasi tersebut KPU Makassar mengundang 5 organisasi disabilitas, yakni HWDI Kota Makassar, NPC Kota Makassar, Pertuni Kota Makassar, Gerkatin Kota Makassar dan Permata Kota Makassar.

Hadir sebagai pembicara dalam sosialisasi Pemilu 2024 ini yakni Komisioner KPU Kota Makassar, Endang Sari, Abd. Rahman dan Gunawan Masyhar. Mereka menyampaikan beberapa poin penting terkait Tahapan dan Partisipasi masyarakat disabilitas pada pemilihan mendatang.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pemkot Makassar Siapkan Sejumlah Agenda Jelang HUT Ke-77 RI

Selain menyampaikan beberapa poin penting terkait tahapan dan partisipasi masyarakat disabilitas, KPU juga mendengar apa masukan yang bisa dilakukan oleh penyelenggara pemilihan ini.

“Kami berharap ada tanggapan dan masukan pada dialog ini sehingga bisa menjdi bekal KPU Makassar melaksanakan tahapan Pemilu di tahun 2024 yang bertepatan dengan 14 Februari 2024 mengingat kesuksesan Pemilu sangat dipengaruhi oleh kemampuan KPU menghadirkan pemilu akses kepada seluruh peserta pemilu dan warga negara tanpa terkecuali,” kata Endang.

Sementara Gunawan Mashar menyampaikan kepada peserta forum disabilitas itu agar memilih pemimpin yang dapat mengakomodir kepentingan disabilitas.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Anak-anak Penyandang Disabilitas Makassar Bersiap Pementasan Teater di Gedung Kesenian

“Diingatkan sekalian untuk menggunakan hak pilihnya, memilih yang memperjuangkan kepentingan Bapak/Ibu sekalian, yang memperjuangkan hak-hak disabilitas. Terdapat 18 partai yang menjadi peserta Pemilu. 18 Partai ini silahkan teliti track record-nya, teliti partai yang pro dengan kepentingan disabilitas,” jelasnya.

Sedangkan komisioner lainnya, Abdul Rahman mengatakan Pemilu adalah pesta maka semuanya harus senang dan gembira. “Kami di tingkat kota hanya sebagai pelaku teknis, yang membuat regulasi di tingkat pusat adalah KPU RI. Kami akan melaporkan harapan ini secara berjenjang dan berusaha menyiapkan PPK dan PPS untuk menjalankan Pemilu yang inklusif dan aksebilitas,” ujarnya.

Baca juga:  Mahasiswa Unhas Terapkan Emo Demo Edukasi Pencegahan Anemia dan MP-ASI

Sementara peserta dari NPC Makassar, Yosef menyampaikan saran untuk membentuk Satgas Disabilitas Pemilu,

ADVERTISEMENT

“Di pengalaman 2019 memang masalah akses sangat kurang. kurangnya bimtek PPS dalam menghadapi kaum disabilitas dan masyarakat disabilitas tidak paham soal lokasi TPS apalagi jika jauh, maka sebaiknya dibentuk Satgas Disabilitas Pemilu,” tuturnya.

Dia juga mengingatkan tentang perlunya pendataan pemilih disabilitas yang akurat dan penyediaan template untuk pemilih netra di TPS agar bisa menggunakan hak pilihnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

5818 Calon Mahasiswa Baru Unhas Lolos UTBK SNBT 2024

Sebanyak 5818 calon mahasiswa baru Universitas Hasanuddin berhasil lolos dalam proses Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) tahun 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT