fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Layani Lonjakan Suporter Piala Dunia, Begini Strategi Dubai

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, DUBAI — Dubai akan menyiapkan 12 ribu taksi dan mengoperasikan hampir 1.400 perjalanan metro per hari untuk memenuhi lonjakan permintaan layanan angkutan umum selama Piala Dunia FIFA.

Otoritas akan mempersiapkan kemungkinan peningkatan tajam pengunjung Piala Dunia selama satu bulan.

Otoritas Jalan dan Transportasi telah menetapkan rencananya untuk melayani sejumlah besar penggemar sepak bola yang menghadiri zona penggemar yang tersebar di emirat dan mereka yang terbang ke Qatar untuk melihat aksi dari dekat.

ADVERTISEMENT

Sejumlah besar suporter diharapkan mendirikan basis di Dubai, dengan akomodasi premium di negara tuan rumah Piala Dunia. RTA akan menambah 700 taksi Hala tambahan melalui aplikasi Careem ke armada yang ada sebanyak 11.310 untuk memudahkan pergerakan orang yang menghadiri zona penggemar dan mereka yang terbang dari Bandara Internasional Al Maktoum, hub kedua Dubai yang dikenal sebagai DWC.

FlyDubai dan Qatar Airways akan mengoperasikan hingga 120 penerbangan antar-jemput setiap hari masuk dan keluar dari DWC antara 20 November dan 19 Desember, membawa penggemar sepak bola ke Doha untuk pertandingan dan kembali ke Dubai.

Baca juga:  Kekuatan Timnas Indonesia Bertambah, 3 Pemain Keturunan Dinaturalisasi

Zona penggemar di seluruh Dubai kemungkinan akan menjadi daya tarik besar bagi penggemar. Pelabuhan Dubai, Coca-Cola Arena, dan DIFC sedang bersiap menyelenggarakan acara penggemar besar.

ADVERTISEMENT

RTA mengatakan rencana manajemen lalu lintasnya akan mencakup zona penggemar resmi FIFA di Dubai Harbour, serta yang lainnya di Barasti, Dubai Media City, dan Zero Gravity.

Jaringan bar dan restoran populer Irlandia McGettigan’s akan mengoperasikan salah satu zona penggemar terbesar di Dubai Media City Amphitheatre, yang akan dibuka untuk pertandingan pembuka Qatar melawan Ekuador pada Ahad, 20 November.

Zona penggemar akan dibagi menjadi dua – area keluarga bertema musim dingin yang meriah dengan kapasitas 1.000 orang, dan area sepak bola yang mampu melayani 5.000 penggemar, dengan 300 staf siaga. Akan ada 10 bar, 20 truk makanan dan restoran serta layar lebar untuk menampilkan 64 pertandingan langsung.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Kesal, STY Ungkap Kekecewaan ke Wasit Usai Timnas Garuda Muda Ditumbangkan Qatar

Rencana pengelolaan lalu lintas untuk zona penggemar di Dubai Harbour, yang akan menyambut lebih dari 10 ribu penggemar setiap hari, telah dikembangkan oleh RTA bekerja sama dengan Polisi Dubai dan penyelenggara acara.

Ini akan melibatkan bus, taksi, dan transportasi air yang digunakan untuk memindahkan penonton dari Pulau Bluewaters ke Pelabuhan Dubai.

Tim seluler yang memantau zona penggemar akan mengatur lalu lintas di Jalan Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud untuk merampingkan pergerakan kendaraan dan memastikan kelancaran arus lalu lintas.

RTA juga akan membantu mengangkut pendukung ke zona penggemar lainnya di kota, seperti di tempat hiburan Barasti dan Zero Gravity.

RTA akan menggunakan 60 bus pada rute tertentu untuk memindahkan orang dari Bandara Internasional Al Maktoum. Rute baru DWC1 berangkat dari area kedatangan bandara, melewati Stasiun Dubai Metro Expo, dan berlanjut ke Terminal Bus Ibn Battuta setiap 30 menit, tujuh hari seminggu. Rute ini hanya akan beroperasi hingga 20 Desember.

Baca juga:  3 Amunisi Baru Timnas Indonesia Jelang Lawan Vietnam Putaran Kedua, Kualifikasi Piala Dunia 2026

Rute kedua adalah F55, layanan link pengumpan metro yang akan melakukan shuttle antara bandara dan Stasiun Dubai Metro Expo. Ini akan berlangsung dari jam 5 pagi hingga tengah malam setiap 30 menit.

Rute ketiga adalah N55, layanan malam dari pukul 22.00 hingga pukul 05.00 keesokan harinya, untuk menghubungkan bandara dan Stasiun Metro Dubai Expo. Otoritas transportasi juga akan mengoperasikan dua feri Dubai dan satu taksi air selama Piala Dunia, dan waktu layanan akan disesuaikan dengan jadwal pertandingan.

Layanan ini akan mengangkut wisatawan di jalur yang menghubungkan Pulau Bluewaters dengan Pelabuhan Dubai, dengan tarif sekali jalan sebesar 25 dirham (Rp 106 ribu) untuk kelas ekonomi dan 35 dirham (Rp 148 ribu) untuk kelas gold.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

17 Kepala Keluarga Mengungsi Imbas Banjir di Banggai Laut, Sulteng

BNPB melaporkan, sebanyak 17 KK dari 165 KK terdampak mengungsi akibat banjir melanda tiga kecamatan di Kabupaten Banggai Laut
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT