fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Legislator Minta Pemkot Bebaskan Lahan Warga di TPA Antang

Promo

ADVERTISEMENT

Layar.news, Makassar – Ketua Komisi C DPRD Kota Makassar, Abdi Asmara meminta kepada Pemkot Makassar segera lakukan pembebasan lahan untuk warga di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Antang.

Abdi Asmara mengatakan, ini sudah menjadi masalah sosial khususnya di wilayah Makassar. Sebab kondisi TPA sekarang tidak mampu lagi menampung sampah.

“Karna sampah Kota Makassar perhari bisa 700 sampai 1.000 ton. Jadi memang tumpukan sampah di sana sudah segunung dan pemerintah kota harus bebaskan wilayah warga yang belum dibebaskan,” terangnya, Kamis (13/8)2020.

ADVERTISEMENT

Politisi fraksi Demokrat ini menuturkan, setelah melakukan kunjungan ke TPA Antang, masih ada ruang bisa digunakan untuk penampungan sampah.

Baca juga:  Sulsel Anti Mager Melibatkan 420 Ribu Peserta Dapat Rekor MURI

“Setelah kita lihat di sana ternyata masih ada lahan yang memang pemerintah kota harus bebaskan, agar tumpukan sampah yang ada di TPA bisa didorong ke belakang,” tuturnya.

Paling lambat, kata Abdi Asmara, di 2021 pemerintah kota sudah terlaksana pembebasan lahan warga di TPA Antang.

ADVERTISEMENT

“Kami sudah bertemu dengan warga di sana dan mereka sudah memiliki alas hak. Jadi pemerintah tinggal melakukan pembebasan lahan,” ungkapnya.

Sekretaris DPC Demokrat Makassar ini mengatakan, sudah ada beberapa lahan warga yang dibebaskan tetapi tidak semua.

Pasalnya lahan tersebut masih terkendala dengan banyaknya pihak yang mengaku sebagai pemilik tanah.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Segini Nilai KUR yang Disiapkan untuk UMKM di Makassar

“Pemeritah kota juga tidak mau membayarkan kalau tidak jelas kepemilikannya. Makanya kami sudah berdiskusi dengan warga, kami minta supaya data kepemilikan yang ada sudah dibuat dalam program perencanaan kebebasan,” tukas Abdi Asmara

Rencana Pemindahan TPA Antang

Sebelumnya Penjabat Wali Kota Makassar Rudy Djamaluddin berencana memindahkan TPA Tamangapa Antang ke Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa.

Menurut Abdi Asmara pemerintah kota pasti melakukan pengkajian panjang untuk upaya itu. Sehingga akan memakan waktu lama lagi.

“Kalau pemindahan TPA ini masih tunggu waktu kajian dan kesiapan untuk pemda Gowa apakah mau menerima atau tidak,”ungkap Abdi Sapaanya.

Sementara itu, Asisten 1 bidang Pemerintahan Pemkot Makassar, Sabri mengatakan, beberapa investor sudah siap untuk melakukan pengolahan sampah di kawasan Patalassang.

Baca juga:  Air Bersih Hingga Kecoak Jadi Keluhan Pasien Isolasi Apung

“Mudah-mudahan jadi, tapi itu perlu dukungan dari masyarakat, kadang kala ada hambatan kecil membuat investor terhalang untuk masuk,” ujar Sabri.

Diketahui, Pemkot Makassar sudah melalukan koordinasi dengan Pemkot Gowa terkait rencana pemindahan TPA Antang ke ke Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa.

“Alhamdulillah, nanti ini jadi tempat pengolahan sampah akhir Mamminasata di Gowa juga ikut Kabupaten Gowa, Takalar, Maros dan Makassar. Pemkot gowa mendukung. Bupati Gowa sangat visioner orangnya. Selalu ingin adanya perubahan dan perbaikan,” ungkap Sabri.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Baintelkam Mabes Polri Cek Senpi di Lapas Makassar

LAYAR NEWS, Makassar – Dalam rangka pengawasan inventaris terkait kepemilikan senjata api (senpi) Badan Intelijen Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT