fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Lima Jenis Kopi dari Sulsel Merambah Pasar Dunia

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Hampir setiap daerah di Sulawesi Selatan diketahui punya jenis kopi yang berbeda. Selain kualitasnya yang diakui, kopi ini bahkan sudah merambah hingga ke pasar dunia. Salah satu jenis kopi yang paling terkenal adalah kopi Toraja. 

Kopi jenis Arabika dari Toraja punya cita rasa yang khas, yaitu asam yang kuat dan aroma yang harum. Kopi Toraja bahkan telah memenangkan berbagai penghargaan internasional, termasuk World Best Arabica Coffee pada tahun 2017. Kopi ini menjadi produk identitas Sulsel.

Baca juga:  Buka Diler Baru di Makassar, Chery Perkuat Pasar SUV Premium

Dilansir dari laman resmi Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian, Rabu, 14 Februari 2024, sebagian kopi dari Sulsel juga telah diekspor ke berbagai negara di dunia, termasuk Amerika Serikat, Eropa, dan Asia. Kopi ini semakin diminati oleh para pecinta kopi karena cita rasanya yang khas dan berkualitas. Khususnya kopi Arabika Toraja. 

ADVERTISEMENT

Berikut adalah beberapa jenis kopi dari Sulsel yang mendunia:

  1. Kopi Toraja merupakan kopi arabika yang paling terkenal dari Sulawesi Selatan. Kopi ini berasal dari dataran tinggi daerah Toraja, yang terletak di bagian utara Sulsel. Kopi Toraja memiliki cita rasa yang khas, yaitu asam yang kuat dan aroma yang harum.
  2. Kopi Kalosi merupakan kopi arabika yang berasal dari daerah Kabupaten Enrekang, yang terletak di bagian selatan Sulsel. Kopi Kalosi memiliki cita rasa yang lebih lembut dan aroma yang lebih kompleks daripada kopi Toraja.
  3. Kopi Manipi merupakan kopi arabika yang berasal dari dataran tinggi perbukitan di Kabupaten Sinjai yang terletak di bagian selatan Sulsel. Kopi Manipi memiliki cita rasa yang unik, yaitu asam yang kuat dan aroma yang manis.
  4. Kopi Bassenag merupakan kopi robusta yang berasal dari daerah Kabupaten Pinrang, yang terletak di bagian barat Sulsel. Kopi Bassenang memiliki cita rasa yang kuat dan aroma yang khas, tapi mirip dengan entitas robusta pada umumnya. 
  5. Kopi Rumbia merupakan kopi robusta yang berasal dari daerah Rumbia, Kabupaten Jeneponto, yang terletak di bagian selatan Sulsel. Kopi Rumbia memiliki cita rasa yang lembut dan aroma yang manis. Hampir serupa dengan kopi Manipi dari Sinjai.
Baca juga:  Ini Larangan Pengungsi Luar Negeri di Makassar Saat Hari Pencoblosan Pemilu 2024

(Sumber foto: photo2.tinhte.vn)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Nelayan yang Hilang di Perairan Bulukumba Ditemukan, Begini Kronologinya

LAYAR NEWS, Makassar - Tim SAR gabungan berhasil menemukan nelayan yang sempat dinyatakan hilang karena tak kembali ke rumah...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT