fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Listyo Sigit Prabowo Resmi Jadi Kapolri

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri, di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (27/1/2021).

Dengan jabatan tersebut, maka Listyo Sigit Prabowo resmi berpangkat jenderal.

Pelaksanaan pelantikan Kapolri baru ini menerapkan protokol kesehatan yang ketat, serta dihadiri undangan secara terbatas.

ADVERTISEMENT

Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’. Kemudian dibacakan Keppres tentang pengangkatan Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri.

Jokowi kemudian memandu pembacaan sumpah jabatan, yang berbunyi:

“Demi Tuhan Yang Maha Esa saya menyatakan dan berjanji sungguh-sungguh bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi Tribrata,” kata Jokowi saat membacakan sumpah jabatan yang dikutip dari Detik.com.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pendaftaran Prakerja Gelombang 21 Masih Dibuka, Buruan Login

Sebelumnya, DPR menyetujui Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis. Persetujuan itu diambil dalam rapat paripurna DPR.

DPR kemudian mengirimkan surat persetujuan pengangkatan Kapolri baru tersebut kepada Mensesneg Pratikno pada Jumat (22/1/2021). Berdasarkan surat tersebut, selanjutnya dibuat Keputusan Presiden tentang pengangkatan Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolri.

Dalam fit and proper test di Komisi III DPR, Listyo Sigit Prabowo berjanji akan membawa Polri makin profesional dalam berbagai bidang, termasuk penegakan hukum. Ia juga mengenalkan konsep presisi, yaitu prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Tanggal 1 Maret Ditetapkan Sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara

Sigit mengatakan penegakan hukum harus tegas tapi juga humanis. Dia tidak ingin ada lagi kasus-kasus yang mengusik rasa keadilan di masyarakat.

“Betul penegakan hukum harus dilakukan secara tegas, namun humanis. Di saat ini masyarakat memerlukan penegakan hukum yang memberikan rasa keadilan bagi masyarakat, bukan penegakan hukum dalam rangka untuk kepastian hukum,” ujarnya.

Baca juga:  Kunjungi Tenda Pengungsi Korban Gempa di Cianjur, Presiden Akan Bantu Keuangan

Baca Berikutnya: Tanaman Hias Ini Bisa Jadi Pewangi Alami di Rumah

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Tavares Siapkan Amunisi Terbaik Demi 3 Poin di Laga PSM Kontra Borneo FC

Pelatih kepala PSM Makassar, Bernardo Tavares sudah mempersiapkan amunisi terbaiknya jelang menghadapi Borneo FC, Jumat malam ini.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT