fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Liz Trus Mundur, Rusia Riang Gembira

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Kementerian luar negeri Rusia pada Kamis (20/10/2022) menyambut baik PM Inggris Liz Trus yang mundur.

Dilansir Reuters, Rusia menyebut Truss adalah aib, seorang pemimpin yang akan dikenang karena “buta huruf”.

“Inggris tidak pernah mengetahui aib seorang perdana menteri,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova dalam sebuah posting media sosial.

ADVERTISEMENT

Mantan Presiden Rusia Dmitry Medvedev menulis di Twitter dalam bahasa Inggris: “Bye, bye @trussliz, congrats to lettuce”, mengacu pada siaran langsung tabloid British Daily Star yang menanyakan apakah jabatan perdana menteri Truss yang bermasalah akan bertahan lebih lama dari umur simpan selada.

Baca juga:  Pemprov Sulsel Garap Legalitas 2 Aset Daerah yang Jadi Ramsis di Bandung

Pengunduran diri Truss menarik liputan luas dengan nada gembira di televisi pemerintah Rusia.

Seorang tamu di acara bincang-bincang politik unggulan “Time Will Tell” mengatakan Truss telah memiliki tiga sifat yang dibutuhkan dalam politik Inggris: “Kebodohan, kesombongan, dan permusuhan”.

ADVERTISEMENT

Truss telah menjadi sasaran komentar pedas dari Rusia sejak dia berkunjung pada Februari sebagai bagian dari upaya sia-sia oleh politisi Barat untuk mencegah invasi Rusia ke Ukraina.

Baca juga:  Mantan Kandidat Presiden Rusia Terlibat Kasus Pemerasan, Kini Kabur ke Lithuania

Referensi juru bicara kementerian luar negeri Zakharova untuk “buta huruf” tampaknya merujuk pada perjalanan itu, saat Truss masih menjabat menteri luar negeri Inggris.

Dalam pertemuan dengan menteri luar negeri veteran Rusia, Sergei Lavrov, dia tampak mencampuradukkan dua wilayah Rusia dengan Ukraina, sehingga menimbulkan ejekan di media Rusia.

ADVERTISEMENT

Para pejabat Rusia sejak awal memandang remeh jabatan perdana menteri Truss.

Setelah pengangkatannya pada bulan September, Lavrov mengatakan Truss tidak tahu bagaimana berkompromi dan mempertanyakan bagaimana pemimpin Inggris itu bisa mengatakan dia tidak tahu apakah Presiden Perancis Emmanuel Macron adalah “teman atau musuh”.

Baca juga:  Tawanan Perang Rusia Dibantai Ukraina, Moskow: Kami Cari Sendiri Para Pelakunnya

Zakharova juga pada hari Kamis juga mengejek pemotretan profil tinggi Truss di Estonia tahun lalu, di mana dia mengenakan jaket antipeluru dan helm untuk naik tank selama kunjungan ke pasukan Inggris yang ditempatkan di negara Baltik.

Hubungan antara Moskwa dan London telah merosot ke level terendah dalam beberapa dekade bahkan sebelum Rusia menginvasi Ukraina, di belakang keracunan mantan mata-mata Rusia Sergei Skripal di kota Salisbury di Inggris pada 2018.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT