fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Longsor di Poros Gowa, Tiga Jenazah Ditemukan dan Empat Korban masih Dicari

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS — Tim Basarnas Sulsel sudah menemukan tiga jenazah korban tanah longsor di Desa Lonjoboko, Kecamatan Parangloe, Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan. Jenazah ditemukan tertimbun sementara empat orang korban lainnya masih dicari.

Ketiga korban yang telah ditemukan semuanya meninggal dunia, yakni Sunaria (38) dari Dusun Kunyika serta Nuraeni (47) dan Nurhaya (24) dari Dusun Sapiria.

“Jenazah ketiga korban tanah longsor itu sudah diserahkan kepada keluarga untuk dimakamkan,” kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Makassar Djunaidi kepada wartawan, Kamis (17/11).

ADVERTISEMENT

Menurut dia, petugas masih berupaya mencari korban lainnnya yang masih tertimbun, yakni Daeng Ngasseng (60), Nur Syamsia (25), Muhammad Royan (6), dan Jumria (37).

Baca juga:  Pramuka Kwarcab Kota Makassar Bagikan Makanan Siap Saji Korban Banjir Manggala

Diketahui, intesitas hujan tinggi beberapa hari terakhir di Kabupaten tetangga Kota Makassar ini membuat sejumlah titik mengalami bencana tanah longsor, pada Rabu (16/11/2022) kemarin.

Data Basarnas Sulsel menyebutan ada dua titik terdampak tanah longsor yang menyebabkan korban jiwa, yakni di Dusun Kunyika dan Dusun Borong Sapiria, Kecamatan Parang Loe, Kabupaten Gowa, Sulsel. Titik longsor tersebut berada di ruas Sungguminasa – Malino tepatnya pada Km 60-61 dan Km 63-64.

ADVERTISEMENT

Tanah longsor mengakibatkan rumah warga tertimbun dan menyebabkan satu mobil yang ditumpangi oleh empat orang terseret sehingga masuk ke jurang di Dusun Borong Sapiria.

Baca juga:  Daftar Lengkap Menteri dan Wakil Menteri Baru Jokowi,

Satu penumpang mobil nahas itu, Nuraeni (47), ditemukan meninggal; dua penumpang lainnya ditemukan selamat, dan satu penumpang lagi, Jumria (37), belum ditemukan.

Djunaidi mengatakan bahwa petugas melakukan penyisiran di sekitar area yang longsor serta menyusuri daerah aliran sungai untuk menemukan korban tanah longsor di Dusun Kunyika dan Dusun Borong Sapiria.

ADVERTISEMENT

“Untuk memaksimalkan pencarian personel ditambah SRU (Search and Rescue Unit) menuju ke lokasi kejadian pagi tadi,” bebernya.

Sementara Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan langsung turun tangan menindaklanjuti penanganan darurat terhadap jalan yang longsor di Kabupaten Gowa.

Baca juga:  Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi Lelang Jabatan Diundur

Kepala Dinas PUTR Sulsel, Astina Abbas mengatakan, bahwa pihaknya segera menangani ruas jalan akses utama menuju Malino.

“Kita segera melakukan penanganan darurat untuk membuka akses titik longsor di ruas Sungguminasa – Malino,” katanya, Rabu (16/11/2022).

Menurutnya, atas arahan Gubernur Sulsel Andi Sudirman, agar penanganan darurat segera dilakukan. Utamanya untuk membuka akses jalan yang tertutup akibat longsor ini.

“Penanganan darurat akan dilakukan pembersihan material longsor di lokasi, kemudian akan dilakukan pembukaan akses jalan, agar akses mobilisasi masyarakat bisa melintasi jalan ini,” jelasnya.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Wali Kota Danny Minta OPD Lebih Gesit Persiapkan Pembahasan APBD 2025

Wali Kota Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan jajaran SKPD Pemkot Makassar menggelar Rapat Koordinasi Lingkup OPD di Kantor Balai Kota
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT