fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Makna Alang yang Mirip Tongkonan di Toraja

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Toraja – Tana Toraja-Toraja Utara menjadi salah satu daerah yang identik dengan kekayaan tradisi. Tak salah bila ikon pariwisata Sulawesi Selatan ini menjadi daya tarik para wisatawan domestik bahkan mancanegara. 

Banyak hal menarik dan edukatif bila kita berkunjung ke daerah ini. Salah satu yang menjadi ciri daerah ini adalah Tongkonan. Tongkonan adalah rumah adat sekaligus simbol dari eksistensi kebudayaan masyarakat Toraja. 

Semakin megah Tongkonan, maka semakin kental kasta dari empunya. Bentuk Tongkonan memang mirip dengan Alang. Alang merupakan bangunan tersendiri dan terpisah tapi tidak jauh jaraknya dengan rumah Tongkonan.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Waspada! Arab Saudi Sudah Kantongi Data Penjual Paket Visa Non Haji

Dilansir dari laman resmi Warisan Budaya Tak Benda Kemendikbud RI, Senin, 26 Februari 2024, sebagian besar posisi alang berhadap-hadapan dengan Tongkonan. Ini karena Alang dianggap sebagai pasangan Tongkonan untuk tempat penyimpanan padi atau lumbung padi. 

Kehadiran Alang sangat relevan dengan karakteristik masyarakat Toraja sebagai masyarakat agraris sejak dahulu kala. Struktur Alang terdiri atas bagian atap, badan, dan kaki (strukturnya sama dengan Tongkonan). Bangunan Alang sendiri ditopang oleh enam tiang bulat yang disebut banga

Baca juga:  Korban Tanah Longsor di Tana Toraja: 14 Meninggal Dunia, 2 Masih Dicari 

Namun ada juga yang hanya mempunyai empat tiang terutama Alang yang berukuran kecil pada awalnya, dinding Alang hanya terbuat dari anyaman kemudian berkembang seperti dinding Alang milik bangsawan dan orang kaya yang terpandang di Toraja. 

ADVERTISEMENT

Mereka mulai mempergunakan bahan kayu papan dan diukir dengan berbagai motif. Bentuk atap mengikuti bentuk atap Tongkonan, menjulang ke atas pada bagian depan dan belakang seperti tanduk kerbau. Alang yang dindingnya diperkaya dengan ukiran disebut Alang Sura, sebagai simbol bagi status sosial, dan merupakan pasangan dari Tongkonan Sura. 

Baca juga:  Banyak Korban Longsor di Tana Toraja, BNPB Usulkan Relokasi

Alang memiliki fungsi sebagai tempat menyimpan padi, menampung tamu bila Tongkonan tidak cukup. Tempat menyelenggarakan musyawarah keluarga dan masyarakat, tempat menginap beberapa keluarga selama upacara adat, dan sebagai simbol status keluarga. 

(Sumber foto: moondoggiesmusic.com)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Di Makassar, Penyuluhan Pencegahan Bahaya Narkoba Sasar Siswa Baru Momen MPLS

LAYAR NEWS, Makassar - Satuan Narkoba, Polrestabes Makassar, menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba dalam momen Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT