fbpx
No menu items!

Manfaat Konsumsi Teh Saat Sahur dan Berbuka Puasa

Promo

LAYAR.NEWS – Di balik aromanya yang khas, teh telah dikenal sejak lama sebagai salah satu minuman sehat yang baik dikonsumsi secara rutin.

Minuman yang berasal dari tanaman Camellia Sinensis ini memang menjadi salah satu minuman favorit masyarakat Indonesia. Tidak sedikit masyarakat Indonesia yang mengonsumsi teh saat sahur berbuka puasa.

Hal ini tentunya tidak masalah. Karena selain nikmat untuk dikonsumsi, minuman teh juga ternyata memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut di antaranya, seperti dikutip dari Alo Dokter:

  1. Menjaga kesehatan jantung

Studi menunjukkan bahwa rutin mengonsumsi teh hitam setidaknya 3 gelas setiap hari dapat menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Manfaat ini berasal dari senyawa flavonoid yang berperan baik dalam menjaga kesehatan jantung.

  1. Menurunkan kolesterol jahat

Teh hitam maupun teh hijau merupakan salah satu jenis minuman penurun kolesterol alami yang baik dikonsumsi secara rutin. Hal ini karena kedua jenis teh tersebut mengandung sejumlah katekin, yaitu senyawa golongan flavonoid yang bermanfaat untuk mengurangi penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam darah.

  1. Menjaga kadar gula darah

Mengonsumsi teh hitam tanpa gula dinilai dapat menurunkan risiko terjadinya diabetes, terutama diabetes tipe 2. Hal ini berkat peran senyawa flavonoid jenis katekin dan teaflavin yang diduga mampu meningkatkan kadar dan fungsi insulin dalam tubuh, sehingga membuat kadar gula darah menjadi lebih mudah terkontrol.

  1. Melancarkan peredaran darah

Senyawa flavonoid yang terkandung dalam teh diketahui dapat melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh dan menjaga kesehatan dinding pembuluh darah. Tak hanya itu, kandungan senyawa tersebut juga diduga dapat mencegah pembentukan plak di pembuluh darah.

  1. Menghidrasi Tubuh Saat Puasa

Ada anggapan bahwa mengonsumsi teh saat sahur bisa menyebabkan tubuh kekurangan cairan saat berpuasa. Anggapan ini muncul karena teh mengandung sejumlah kafein yang memiliki efek diuretik, sehingga dapat menyebabkan lebih sering buang kecil dan akhirnya memicu dehidrasi. Benarkah demikian?

Studi mengungkapkan bahwa mengonsumsi teh dalam jumlah yang berlebihan atau lebih dari 6 cangkir per hari memang berpotensi menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Namun, selama Anda mengonsumsinya dalam jumlah yang cukup, teh tidak akan memicu dehidrasi.

Bahkan, sebuah studi lain menyebutkan bahwa teh hitam dinilai mampu menghidrasi tubuh seperti halnya air putih, bila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat. Selain itu, Anda juga perlu memastikan agar tidak mengonsumsi teh pada waktu makan, setidaknya tunggu dahulu 1 jam setelahnya.

Baca berikutnya: Simak Tips Persiapan Puasa Bagi Penderita Asam Lambung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini

Bareng Beat Brotherhood, Maxbro Bagi-bagi 250 Paket Takjil

LAYAR.NEWS, MAKASSAR - Komunitas Maxim Brothers (Maxbro) membagikan 250 paket menu takjil kepada warga dan pengendara yang melintas di...

Populer

Berita Terkait