fbpx
No menu items!

Maret 2022, Inflasi Sulsel Tembus 0,54 Persen

Promo

LATAR.NEWS, MAKASSAR – Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan (Sulsel) mencatat inflasi Sulsel 0,54 persen pada Maret 2022.

Kepala BPS Sulsel, Suntono mengatakan bahwa angka tersebut masih di bawah inflasi nasional yang tembus 0,65 persen.

“Inflasi kita di Sulsel disandingkan dengan nasional, sejak tahun 2013-2022 pertumbuhan inflasi di sulsel umumnya selalu lebih rendah, indikasi bahwa harga-harga sangat terkendali di Sulsel,” ujar Suntono pada Rakor BPS di Ruang Rapat Pimpinan Kantor Gubernur Sulsel, Senin (4/4/2022).

Adapun 5 daerah penyumbang Inflasi adalah Bulukumba, Watampone, Makassar, Parepare, dan Palopo. Dimana Bulukumba menjadi penyumbang terbesar, yakni mencapai 1,12 Persen.

“Inflasi tertinggi terjadi di Bulukumba sebesar 1,12 persen dan inflasi terendah terjadi di Palopo sebesar 0,45 persen,” ungkap Suntono.

Meskipun inflasi Sulsel relatif rendah, Suntono mengatakan beberapa harga komoditas yang harus diwaspadai oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan.

Diketahui, Inflasi ini terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukan oleh naiknya indeks pada sebagian besar kelompok pengeluaran. Yakni masing masing kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 1,10 persen; kelompok pakaian dan alas kaki sebesar 0,04 persen; kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar rumah tangga sebesar 0,29 persen; kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga sebesar 0,77 persen.

Selanjutnya kelompok transportasi sebesar 0,37 persen; kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,02 persen; kelompok rekreasi, olahraga, dan budaya sebesar 0,01 persen; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran sebesar 0,04 persen; kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya sebesar 0,86 persen.

Sementara itu 2 kelompok lainnya tidak mengalami perubahan yaitu: kelompok kesehatan dan kelompok pendidikan.

Adapun 10 komoditas yang mengalami kenaikan harga pada Maret 2022 antara lain cabai rawit, bawang merah, emas perhiasan, cabai merah yang mulai merangkak, tarif angkutan udara, ikan bandeng/ikan bolu, sabun detergen bubuk/cair, bahan bakar rumah tangga, tempe, dan minyak goreng.

Baca berikutnya: Alhamdulillah, TPP ASN Pemprov Sulsel Akhirnya Cair

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini

Bareng Beat Brotherhood, Maxbro Bagi-bagi 250 Paket Takjil

LAYAR.NEWS, MAKASSAR - Komunitas Maxim Brothers (Maxbro) membagikan 250 paket menu takjil kepada warga dan pengendara yang melintas di...

Populer

Berita Terkait