fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Masuk Ramadhan, Mentan SYL Pantau Persediaan Sembako di Makassar

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL), melakukan pemantauan ketersediaan dan harga bahan pangan khususnya komoditas pertanian di Pasar Terong dan Pasar Pabaeng-baeng, Kota Makassar, Sabtu (02/04/2022).

Kunjungan ke pasar yang dilakukannya kali ini merupakan buah instruksi dari Presiden RI Joko Widodo kepada para Menterinya, untuk mengamankan distribusi kebutuhan bahan pangan pokok menjelang Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri 1443 H.

Baca juga:  Puluhan Rumah Warga Makassar Rusak Diterjang Angin Puting Beliung

“Bapak Presiden menginstruksikan kepada semua Menterinya melakukan upaya-upaya agar, distorsi-distorsi akibat kelangkaan-kelangkaan yang bisa terjadi itu terjadi bisa kita minimalisasi dan diupayakan tidak terjadi,” ungkap SYL.

ADVERTISEMENT

Dari hasil pemantauan, ketersediaan kebutuhan pokok komoditas pertanian terpantau cukup, meskipun masih ada dinamika harga yang terjadi.

“Tentu saja Ramadhan biasanya dinamika harga ada, tetapi ketersediaan yang paling penting. Saya udah cek di pasar Terong ini sebagai pasar yang paling besar di Sulawesi Selatan, dan kenyataannya semua komoditi ketersediaannya cukup.” tegasnya.

Baca juga:  Ajak BKMT Jadi Konsumen Cerdas, Aliyah Mustika Ilham Gandeng BBPOM

Pada kesempatan itu, SYL juga diketahui memantau ketersediaan minyak goreng di pasar. Menurutnya alokasi minyak goreng curah ke Kota Makassar cukup besar, yakni 17.000 Liter sementara konsumsi 9.000 liter.

ADVERTISEMENT

“Kalau dari data yang kita miliki, kita alokasikan minyak goreng ke sini itu 17 ribuan sementara konsumsinya 9.000, mestinya cukup,” ujar SYL.

Baca juga:  Mendag Lutfi Pastikan Tidak Ada Lagi HET Minyak Goreng Kemasan

SYL pun mempertemukan pengecer, distributor, dan supplier besar yang ada. Serta menghubungi Menteri Perindustrian dan Menteri Perdagangan untuk mengatasi hal ini. Menurutnya, hal ini terkendala pada distribusi.

“Barangnya ada, mungkin harus didekatkan distribusinya,” jelasnya lagi.

ADVERTISEMENT

Baca berikutnya: Sejumlah Harga Bahan Merangkak Naik di Lutim Jelang Ramadhan

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Perjuangan Berat Timnas Menanti di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Secara peringkat dunia perjuangan Indonesia memang berat untuk bisa langsung lolos dari babak ketiga karena bercokol dengan sejumlah negara kuat Asia.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT