fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Mau Cari Jajanan Kue Tradisional Sulsel di Makassar? Ini Sejumlah Lokasinya

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Setiap daerah punya penganan atau kue khas tersendiri. Begitu juga dengan Sulawesi Selatan. Asumsi beredar bahwa kita mampu mengidentifikasi daerah lewat jenis kuenya. Ngomong-ngomong soal kue, di Makassar ada sejumlah lokasi menjajakan khusus kue tradisional.

Mulai dari putu cangkir, taripang, tara’jong, barongko, baruasa, onde-onde, roko’-roko’ unti, jalangkote, hingga pisang epe’ dan masih banyak lagi. Jajaran kue-kue ini mencerminkan sekaligus merepresentasikan kekayaan budaya dan warisan kuliner daerah ini. 

Nah, bila kamu sedang berada di Kota Makassar dan hendak mencicipi camilan khas Sulsel, dilansir dari berbagai sumber, beberapa lokasi di pinggir jalan Makassar yang bisa dikunjungi. Karena waktu jualannya dimulai dari subuh, kamu mesti agak cepat datang supaya kue tradisional yang dicari mudah didapat. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Jadwal Lengkap Imsak-Buka Puasa 24 Daerah di Sulsel

Jalan Nipa-nipa, Kecamatan Manggala. Dari perempatan jembatan terus menuju ke arah Pasar Nipa-nipa. Sepanjang jalan ini, kamu akan banyak menemukan warga yang menjual kue putu cangkir hingga gogoso’ atau lemper khas Bugis-Makassar. Selain harganya yang ramah kantong, kamu akan menikmati kue ini hangat-hangat karena diambil langsung dari wadah pembuatannya. 

Perempatan Jalan Masjid Raya, menuju ke arah Masjid Al-Markaz. Tak jauh dari lampu lalu lintas, sepanjang jalan ini berjejer pedagang dengan gerobak menjajakan kue tradisional. Camilan yang dapat kamu temui dan nikmati di sini seperti, taripang, tara’jong roko’-roko’ unti hingga donat gula. Direkomendasikan, sebaiknya datang selepas magrib karena pedagang baru menjual saat malam hari. 

Baca juga:  AHY Serahkan Rekomendasi Demokrat ke Appi - ARB

Bahkan, martabak asin dan manis juga kamu bisa dapatkan di sini. Sekitar Pasar Cidu’, Jalan Tinumbu. Di sini kamu juga bisa mencari sesuka hati kue tradisional apa yang bakal dinikmati. Belakangan, pasar ini juga dikenal sebagai salah satu kawasan kuliner modern terpadat di Kota Makassar. Sepanjang jalan di pasar ini, kamu akan banyak menemui camilan mulai dari lokal hingga perpaduan luar negeri. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Ini Cara Benar Mencuci Masker Kain

Kemudian di sekitar perduaan tikungan Jalan Andi Tonro-Jalan Mangerangi. Tepat di sudut depan penjual Pallubasa Andi Tonro, kamu akan menemukan sederet penjual kue tradisional yang menjadi salah satu favorit warga di Makassar. Ini adalah sebagian dari lokasi jajanan kue khas Sulsel. Ada juga beberapa toko khusus yang menjual kue tradisional di Kota Makassar.

(Sumber foto: blogger.googleusercontent.com)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Wali Kota Danny Minta OPD Lebih Gesit Persiapkan Pembahasan APBD 2025

Wali Kota Mohammad Ramdhan ‘Danny’ Pomanto dan jajaran SKPD Pemkot Makassar menggelar Rapat Koordinasi Lingkup OPD di Kantor Balai Kota
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT