fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Memahami Langkah Mitigasi Kondisi Cuaca Ekstrem Saat Pancaroba 

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Cuaca ekstrem saat pancaroba dapat menimbulkan dampak merugikan kepada siapapun. Peralihan musim dari hujan ke panas atau pun sebaliknya tak hanya berpotensi mempengaruhi kondisi kesehatan, tapi juga menjadi ancaman bagi situasi di sekitar.

Potensi cuaca ekstrem yang dapat ditimbulkan seperti hujan lebat berdurasi singkat dan sporadis. Hujan lebat dapat disertai petir dan angin kencang, puting beliung hingga hujan es. Dampak yang ditimbulkan dari periode pancaroba juga bisa sangat beragam dan dapat merugikan masyarakat. 

Baca juga:  Awal Juni, Daerah Ini Berpotensi Cuaca Buruk di Sulsel

“Tetap waspada cuaca ekstrem selama periode peralihan (pancaroba) ya. Selama pancaroba ini, cuaca bisa berubah secara tiba-tiba dari panas ke hujan ataupun sebaliknya,” tulis pesan edukasi yang dilansir dari akun resmi Instagram BMKG Sulsel, Rabu, 3 April 2024.

ADVERTISEMENT

BMKG Sulsel mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada. Sembari mengedukasi upaya pencegahan atau mitigasi sejak dini. Hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir hingga mencegah dampak seperti mengecek dan membersihkan drainase untuk antisipasi banjir.

Baca juga:  Hari Kedua Pencarian, Pemuda Tenggelam di Air Terjun Pung Bunga Maros Ditemukan di Kedalaman 4 Meter

Meningkatkan kewaspadaan terkait longsor bagi mereka yang tinggal di kawasan perbukitan, lereng dan pegunungan. Waspada jalan licin dan pandangan terbatas saat berkendara di tengah cuaca ekstrem. Berlindung di tempat aman bila terjadi hujan disertai petir.

Memangkas pohon-pohon besar, penguatan bagian atap rumah agar tak mudah rusak saat angin kencang melanda, dan selalu akses informasi perkembangan cuaca dan peringatan dini dari BMKG. Selain itu juga diperlukan kerja sama antara pemangku kepentingan.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Potensi Banjir Ancam Makassar 2 Hari ke Depan, Ini Sebabnya

Seperti merancang mitigasi terhadap kemungkinan terjadinya bencana hidrometeorologi selama musim hujan, optimalisasi edukasi masyarakat tentang cara menghadapi risiko bencana. Edukasi ke masyarakat tentang pentingnya memperhatikan peringatan dini cuaca dan menjadikan informasi prakiraan musim hujan 2023/2024 BMKG sebagai acuan menyusun rencana aksi dini (Early Action).

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

5818 Calon Mahasiswa Baru Unhas Lolos UTBK SNBT 2024

Sebanyak 5818 calon mahasiswa baru Universitas Hasanuddin berhasil lolos dalam proses Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) tahun 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT