fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Mendag Bakal Periksa Semua SPBU di Indonesia, Cari yang Main Curang Jelang Lebaran

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, mengagendakan untuk melaksanakan pemeriksaan di semua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) untuk memastikan ada atau tidak, pihak yang nekat bermain curang mengurangi takaran BBM. 

“Meminta seluruh SPBU dimanapun berada, kita akan cek semuanya di seluruh Indonesia. Jadi jangan main-main ya, jangan  main curang!,” tegas Zulkifli Hasan dalam keterangan video yang dilansir dari akun resmi Instagramnya, Senin, 25 Maret 2024. 

Penegasan ini merupakan respons untuk mencegah terulangnya kejadian SPBU yang ketahuan bermain curang. Sabtu, 23 Maret lalu, jajaran Kementerian Perdagangan melaksanakan sidak di SPBU Rest Area KM 42 B Tol Jakarta Cikampek, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Terkesan dengan Tagline ‘Makassar, Apa Kabar?’ Perindo Siap Kolaborasi dengan Amri Arsyid di Pilwalkot Makassar

Di sana mereka menemukan adanya 3 dispenser SPBU yang menggunakan alat tambahan. Dampak dari alat tambahan tersebut merugikan konsumen dalam hal biaya yang dikeluarkan tidak sama dengan jumlah bahan bakar yang diterima.

Sebanyak tiga pompa ukur BBM disegel dalam pengamanan tersebut. Pengamanan SPBU kali ini merupakan bagian dari rangkaian tindak lanjut pengawasan metrologi legal dalam perlindungan konsumen menjelang Hari Besar Keagamaan nasional (HBKN).

Baca juga:  Mendag Segera Bahas Evaluasi Permendag 36 Terkait Pengaturan Mmpor

Hal inilah yang membuat Zulkifli Hasan murka hingga menyusun rencana untuk memeriksa semua SPBU. “Semenjak mau lebaran ini, saya minta untuk mengecek semuanya. Jangan tambah alat, jangan mengakali konsumen, merugikan konsumen, karena itu pidana,” tegasnya lagi.

ADVERTISEMENT

Mendag Zulkifli kembali mengingatkan kepada semua pengelola SPBU untuk tidak curang. “Kemendag akan terus melakukan pengecekan di sejumlah SPBU mengingat hal ini adalah bagian dari fungsi Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tata Niaga dibawah Kemendag.”

Dalam proses pengamanan dan tindak lanjut SPBU curang ini akhir pekan kemarin, petugas Kemendag memasang segel metrologi dan metrologi line terhadap tiga unit pompa ukur BBM dengan jumlah enam nozel (nozzle) yang menjual BBM jenis media Pertalite, Pertamax, dan Bio Solar. 

Baca juga:  Mendag Zulkifli: Pemerintah Percepat Penyaluran Beras SPHP ke Pasar

Ketiga pompa ukur tersebut diduga melanggar ketentuan yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1981. Pelanggaran tersebut berhubungan dengan pemasangan alat ukur, alat penunjuk, atau alat lainnya sebagai tambahan pada alat-alat ukur, akar, atau timbang yang sudah ditera atau ditera ulang.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Saling Ejek, Kelompok Remaja di Makassar Bentrok 5 Orang Sempat Diamankan

Dua kelompok remaja di Jalan Pampang 4, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, sempat terlibat bentrok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT