fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Mengenal Fenomena Ghosting, Kenapa Orang Melakukannya?

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Apakah Kamu sering mendengar istilah ghosting di media sosial? Atau Kamu pernah menjadi korban ghosting?

Ghosting adalah sebuah situasi ketika seseorang memutuskan hubungan dengan menghentikan seluruh komunikasi secara tiba-tiba dan tanpa penjelasan. Ya, tiba-tiba menghilang seperti hantu.

Ghosting sebenarnya tidak hanya untuk mereka yang sedang berkencan. Ghosting bisa terjadi saat kamu secara kasual dekat dengan seseorang, atau bisa juga dalam hubungan pertemanan dan hubungan pekerjaan.

ADVERTISEMENT

Ada beberapa alasan mengapa seseorang melakukan ghosting. Berikut ini adalah beberapa di antaranya, seperti yang dikutip dari Popbela.com:

Baca juga:  Stres Karena Pekerjaan, Lakukan Hal Ini untuk Mengatasinya

Rasa Takut
Takut akan ketidaktahuan atau fear of the unknown adalah hal wajar bagi manusia. Dia mungkin memutuskan untuk mengakhiri hubungan, karena dia takut memulai hubungan yang lebih jauh atau takut jika nantinya ada perpisahan.

Menghindari Konflik
Dia yang melakukan ghosting mungkin sebenarnya ingin berpisah, tapi khawatir dengan drama dan konflik. Bagi dia, lebih baik pergi tanpa penjelasan, daripada harus melewati konflik berkepanjangan.

ADVERTISEMENT

Kurang Bertanggung Jawab
Jika kamu baru saja dalam tahap pendekatan dengannya atau kenal dengan orang baru yang tiba-tiba ghosting, dia mungkin merasa tak perlu menjelaskan apa-apa saat pergi darimu. Baginya, tak ada keharusan untuk memberi penjelasan padamu, karena dia merasa hal itu bukan hal besar.

Baca juga:  Awas, Gigi Berlubang Bisa Picu Penyakit Jantung

Self-care
Bisa jadi, dia merasa hubungan denganmu adalah hubungan yang toxic. Sehingga dia memilih keluar dari hubungan secara tiba-tiba, untuk kebaikan dirimu. Tidak ada salahnya melakukan refleksi diri jika hal ini yang terjadi.

Bagi orang yang melakukan ghosting, mereka mungkin merasakan manfaatnya. Mereka tidak perlu menghadapi konflik, tidak perlu memberi penjelasan, dan tidak perlu menghadapi perasaan orang lain. Para ghoster bisa dengan mudah menghindari situasi yang tak nyaman dan drama yang mungkin muncul.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Benarkah Air Es Bisa Menurunkan Berat Badan?

Tapi bagaimana dengan mereka yang menjadi korban ghosting? Tentu saja rasanya menyakitkan. Mereka tak dapat closure dan tak dapat penjelasan. Mereka kerap bertanya-tanya dan menyalahkan diri. Pada akhirnya, korban ghosting selalu merasa cemas, khawatir, dan akhirnya insecure dengan dirinya sendiri. Untuk itu, akhirilah hubungan dengan penjelasan.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Persoalan Sita Perhatian Saat Momen Mudik Lebaran di Sulsel: Macet Hingga SPBU Jorok

Pj Gubernur Sulsel soroti sejumlah hal yang mesti dibenahi momen mudik lebaran seperti jalan macet hingga SPBU jorok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT