fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Menhub Akan Percantik Tiga Stasiun Kereta Api di Kota Solo

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, MAKASSAR – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berencana mempercantik dan memperindah (beautifikasi) tiga stasiun kereta api di Kota Solo yakni Stasiun Solo Balapan, Stasiun Solo Jebres, serta Stasiun Solo Kota.

“Saya ditunjukkan gambar stasiun, rencananya akan dilakukan beautifikasi pada bangunan stasiun cagar budaya,” kata Budi saat meninjau ketiga stasiun tersebut di Solo, Minggu (10/03/2024).

Budi dalam keterangan di terima di Jakarta, Minggu mengatakan kegiatan mempercantik dan memperindah stasiun dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk menambah kenyamanan penumpang, memperindah wajah kota, melestarikan bangunan cagar budaya, serta mengembangkan konektivitas ekosistem pariwisata.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Aryaduta Sajikan Menu BBQ dan Hidangan Kesehatan Selama Bulan Ramadan

Dia mengatakan di Stasiun Solo Balapan, Kemenhub memastikan kondisi stasiun. Rencananya, akan dilakukan pengembangan area komersial, penataan aula utama, serta penataan fasad stasiun.

Selanjutnya, di Stasiun Solo Jebres, Menhub berkeliling stasiun dan menyapa penumpang yang berada di ruang tunggu.

Kemudian di Stasiun Solo Kota, Menhub memastikan kondisi stasiun dan melihat pekerjaan peron, shelter, serta ornamen yang sedang berlangsung.

ADVERTISEMENT

Dalam kunjungannya di Solo, Menhub turut didampingi Direktur Prasarana Perkeretaapian Kemenhub Djarot Tri Wardhono dan Kepala Daop 6 Yogyakarta Bambang Respationo.

Baca juga:  Puji Bupati Maros, Irfan AB: Kalau Soal Banjir, Sebelum KA Makassar Sudah Banjir

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi juga bakal merancang untuk mempercantik stasiun kereta api bersejarah di Indonesia yang ada di Cirebon dengan merevitalisasi tanpa mengurangi nilai historis yang dimiliki bangunan tersebut.

“Kita sedang mempelajari stasiun mana saja yang memang potensial untuk direvitalisasi dan dengan adanya revitalisasi ini mengembalikan nilai-nilai sejarahnya,” kata Budi saat ditemui di Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (9/3).

ADVERTISEMENT

Menhub menjelaskan terdapat sejumlah stasiun di daerah yang menyimpan warisan sejarah masa lalu, serta dapat dikembangkan sebagai destinasi wisata. Mengingat sebagian besar bangunan itu kondisinya masih terawat.

Baca juga:  Menhub Pastikan Distribusi Logistik Berjalan Lancar Selama Ramadhan

Misalnya, kata dia, Stasiun Cirebon yang sudah berdiri sejak zaman kolonial dan bangunan utamanya memiliki gaya arsitektur khas gedung-gedung di Eropa.

Budi menyaksikan sendiri stasiun tersebut masih mempertahankan corak arsitektur masa lalu, serta dalam waktu dekat segera dipercantik beberapa sudutnya.

Menurut dia, konsep revitalisasi itu sedang dirancang sehingga penerapannya bisa sesuai dengan tetap mempertahankan warisan cerita sejarah yang melekat pada bangunan stasiun.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Saling Ejek, Kelompok Remaja di Makassar Bentrok 5 Orang Sempat Diamankan

Dua kelompok remaja di Jalan Pampang 4, Kecamatan Panakkukang, Kota Makassar, sempat terlibat bentrok.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT