fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Menilik Manfaat Nanas Bagi Kesehatan Kulit

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS – Seperti buah-buahan lainnya, nanas memiliki beragam manfaat bagi tubuh. Salah satunya yakni untuk menjaga kesehatan kulit.

Melansir dari Alo Dokter, pada 1 cangkir atau setara dengan 165 gram nanas, terkandung 2,3 gram serat, 1,7 mg natrium, 1 gram protein, dan 82,5 kalori.

Maka dengan mengonsumsi 1 cangkir nanas, kamu juga sudah bisa membantu memenuhi kebutuhan harian vitamin C, vitamin B, zat besi, dan kalium. Selain itu, nanas juga mengandung enzim bromelain.

ADVERTISEMENT

Nah, berikut beberapa manfaat mengonsumsi nanas untuk kesehatan kulit yang perlu kamu ketahui:

Mencegah penuaan dini pada kulit

Mengonsumsi nanas dapat membantu produksi kolagen dalam tubuh. Pasalnya nanas memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Diproduksinya kolagen, maka risiko terjadinya penuaan dini pada kulit, yang biasanya ditandai dengan kulit kering dan munculnya keriput, juga bisa dicegah.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  4 Pilihan Masker Wajah Alami untuk Kulit Kusam

Mencegah kerusakan kulit

Vitamin C yang tinggi dalam nanas memiliki sifat antioksidan yang sangat baik. Sifat antioksidannya ini dapat mencegah dan mengurangi kerusakan kulit akibat stres oksidatif.

Stres oksidatif bisa terjadi apabila kamu kerap terpapar radikal bebas berlebih, misalnya dari polusi udara, asap rokok, dan makanan yang terkontaminasi pestisida.

ADVERTISEMENT

Membantu menyembuhkan penyakit kulit

Enzim bromelain yang terkandung dalam nanas memiliki sifat antiinflamasi, antioksidan, dan antibakteri yang baik.

Baca juga:  Waspada, Ini Penyakit Langganan di Musim Hujan

Sifat-sifatnya ini disebut dapat mempercepat penyembuhan salah satu penyakit kulit, yakni pityriasis lichenoides chronica (PLC).

PLC adalah penyakit kulit kronis yang ditandai dengan gejala berupa munculnya bintik-bintik kecil, papula, dan kulit bersisik. Sebuah studi menyebutkan, bromelain bisa digunakan dalam pengobatan PLC.

Mempercepat proses penyembuhan luka

Mengonsumsi nanas ternyata juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka setelah operasi atau cedera. Khasiat nanas untuk kulit yang satu ini didapatkan dari kombinasi kandungan vitamin C dan enzim bromelain yang dapat mendukung produksi sel dan jaringan kulit baru pada luka.

Mengatasi jerawat

Aktivitas antimikroba dari enzim bromelain juga dinilai memiliki potensi dalam mengatasi jerawat. Caranya adalah dengan menghambat pertumbuhan dan penyebaran bakteri penyebab jerawat pada kulit, seperti S. epidermidis dan P. acnes.

Baca juga:  Tips Puasa Bagi Penderita Asam Lambung

Meskipun memiliki manfaat bagi kesehatan kulit, tidak disarankan untuk mengoleskan nanas langsung ke kulit. Pasalnya, alih-alih membawa manfaat, mengoleskan nanas segar ke kulit secara langsung justru dapat menyebabkan kulitmu menjadi iritasi.

Jika kamu ingin mendapatkan manfaat nanas yang secara cepat berefek pada kulit, sebaiknya cobalah produk perawatan kulit yang memang dibuat dan diformulasikan khusus dari bromelain atau ekstrak nanas.

Baca berikutnya: Begini Cara Rawat Kulit Leher agar Tidak Belang

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT