fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Menkeu Sri Mulyani Paparkan Tangguhnya Ekonomi RI Dihadapan Negara G20

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani memaparkan bahwa kinerja ekonomi Indonesia tetap tangguh di tengah guncangan ekonomi global dalam sesi pertama pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 di Gandhinagar, India, Selasa (18/07/2023).

“Enam kuartal berturut-turut pertumbuhan ekonomi Indonesia konsisten terjaga di sekitar 5 persen. Kondisi yang cukup baik jika dibandingkan beberapa negara saat ini,” ujar Sri Mulyani sebagaimana dikutip dari Antaranews.

Baca juga:  Zico Andi Lolo Nahkodai Perserosi Makassar 2023-2028

Ia mengatakan kombinasi antara kebijakan fiskal dan moneter menjadi kunci penting untuk mencapai hal tersebut, salah satunya melalui disiplin terhadap konsolidasi fiskal setelah pandemi COVID-19 lalu.

ADVERTISEMENT

Pada sesi pertama, Menkeu RI juga membahas prioritas Indonesia dalam hal Mekanisme Transisi Energi Indonesia (Energy Transition Mechanism/ETM) dan Pandemic Fund, yang merupakan inisiatif dari Presidensi G20 Indonesia tahun lalu. Isu tersebut akan terus disuarakan Indonesia dalam berbagai forum multilateral seperti G20 dan ASEAN.

Baca juga:  Kementerian BUMN Luncurkan Program “Plasma BUMN untuk Indonesia”

Selaras dengan sesi pertama, di sesi kedua Sri Mulyani juga membahas mengenai mekanisme pembiayaan untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan melalui Mekanisme Transisi Energi.

Indonesia pada tahun lalu sudah meluncurkan ETM Country Platform, yang saat ini telah menerima pendanaan sebesar 500 juta dolar AS untuk mempercepat penutupan dua proyek pembangkit listrik tenaga batu bara sebesar 1,6 gigawatt.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Simak Tanggapan Jokowi Soal Julukan "King of Lip Service"

Terakhir, Bendahara Negara tersebut juga membahas mengenai agenda Presidensi G20 India, yaitu Financing Cities of Tomorrow. Ia mengatakan bahwa Indonesia sangat mendukung dan mengapresiasi inisiatif ini, khususnya pada acara dialog infrastruktur.

“Sangat penting bagi kita untuk bisa terus membangun dunia, namun di saat yang bersamaan juga tetap menjaga bumi tempat kita tinggal,” tutur Menkeu.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Gebrakan Asmo Sulsel, Kenalkan Seri Terbaru Honda BeAT di Ambon

Astra Motor Sulawesi Selatan main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, meluncurkan All New Honda BeAT series terbaru
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT