fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Minyak Goreng Ludes, Disdag Lutim: Suplai Terbatas

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, LUTIM – Ketersediaan minyak goreng di Luwu Timur (Lutim) masih mengalami kelangkaan setelah Pemerintah menetapkan kebijakan satu harga, yakni Rp14 ribu per liter.

Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Lutim, Senfri menjelaskan kelangkaan ini terjadi akibat suplai yang masuk masih terbatas. Sementara daya beli masyarakat sangat tinggi. Sehingga baik toko maupun retail di Lutim sering mengalami kekosongan stok minyak goreng.

“Jadi saya lihat belum terlalu maksimal ini barang masuk. Kalau Lutim memang sedikit barang yang masuk, jadi cepat habis. Kami sementara terus memantau ini ke toko-toko bukan hanya ritel modern. Kemarin saya tanya ke Indomaret di Burau kenapa cepat sekali habis mereka bilang ‘cuma berapa Pak, paling tiga dos isi enam jadi cepat sekali habis’,” jelas Senfri sembari mengulang keterangan pegawai Indomart saat ditemui di ruangannya, Kamis (03/02/2022).

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Peluang Bonus Demografi, Aliyah Mustika Ilham Bersama BKKBN Persiapkan Kualitas Pemuda

Terkait keterbatasan suplai yang masuk, Senfri mengaku telah melakukan komunikasi, Sayangnya, belum ada jawaban pasti terkait masalah distribusi minyak goreng ke Lutim.

Meski begitu, pihaknya tetap optimis, pasokan minyak goreng juga komoditas lainnya bisa segera normal di pasaran.

“Itu saya tanyakan kenapa, tapi tidak ada yang mampu menjawab. Saya tidak tahu apakah ada pertimbangan lain. Tapi saya tidak putus asa, kita berusaha kita yakinkan mudah-mudahan ini produk bisa datang dalam jumlah yang besar. Kami juga tetap monitor juga yang lain. Kami kontrol terus, kami ini sebatas monitoring tidak bisa ambil kebijakan karena inikan tergantung distributor besarnya,” ungkapnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Diresmikan Jokowi, Bandara Buntu Kunik Telan Anggaran Rp800 Milliar

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Luwu Timur melalui Dinas Koperindag berupaya untuk menormalisasi harga dan stok kebutuhan pokok terutama minyak goreng, dengan pengadaan operasi pasar. Namun, masih tahap kordinasi bersama Badan Urusan Logisti (Bulog).

“Saya telpon langsung Bulog untuk kita bikin program operasi pasar. Tapi masalahnya, barang yang ada di bulog saat ini masih yang harga 19.000, harga lama. Jadi solusinya saat ini kita tunggu program penugasannya Bulog, program 10 juta liter,” tuturnya.

“Kemarin sempat ada pembicaraan untuk pemerintah kasih subsidi minya goreng itu lima ribu. Saya bilang tidak bisa karenakan APBD itu sudah ketok palu, jadi tidak bisa lagi kita utak-atik. Kalau kita keluarkan untuk subsidi nanti jadinya pelanggaran,” lanjut Senfri.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Penuhi Kebutuhan, Sinar Mas Tingkatkan Kapasitas Produksi Minyak Goreng

Sementara itu, berdasarkan pemantauan Layar.News di salah satu ritel modern, Indomaret yang ada di Kecamatan Malili, stok minyak goreng dengan harga sesuai HET kosong.

Salah satu pegawai Indomaret, Rizki Aulia Rusli mengatakan bahwa stok minyak goreng selalu cepat setelah barang tiba.

“Habis. Ada datang tapi cuma 2-3 dos jadi langsung habis. Datangnya itu setiap 3 hari sekali, begitu datang stoknya langsung dibeli. Harganya Rp14 ribu,” tuturnya.

Baca berikutnya: Suplai Minyak Goreng ke Sulsel Mulai Normal

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT