No menu items!

Mudah Kok, Ini 7 Cara Memelihara Organ Pencernaan

Promo

LAYAR.NEWS – Organ pencernaan memiliki peran yang tidak kalah penting di dalam tubuh. Karena kesehatan sistem pencernaan ikut memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, organ-organ pada sistem ini berfungsi mengubah makanan menjadi zat gizi untuk tubuh. Sehingga, penting untuk menjaga organ pencernaan agar berfungsi dengan maksimal.

Sistem pencernaan terdiri dari saluran pencernaan dan organ-organ tambahan. Semua komponen ini saling bekerja sama untuk menguraikan makanan menjadi zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral.

Nah, gaya hidup dan pola makan memiliki peran besar dalam kesehatan organ-organ ini. Berikut Berikut Cara mudah memelihara organ pencernaan yang dapat Kamu lakukan, seperti yang dilansir dari Hello Sehat:

Makan makanan alami untuk melindungi lambung

Makanan alami adalah makanan yang tidak mengalami pemrosesan ataupun diberikan zat aditif (bahan tambahan), misalnya gula atau penambah rasa. Penelitian telah membuktikan bahwa makanan ini dapat melindungi lambung dari berbagai penyakit pencernaan.

Sebaliknya, konsumsi makanan hasil pemrosesan berkaitan dengan peningkatan risiko gangguan pencernaan. Gula dan garam tambahan misalnya, dapat meningkatkan risiko peradangan usus yang berujung menyebabkan sindrom usus bocor.

Baca juga:  Cara Bedakan Pilek Alergi dan Pilek karena Infeksi
Baca juga:  Sering Memendam Emosi? Ini Bahayanya bagi Kesehatan
Banyak makan serat untuk menyehatkan usus

Cara mudah untuk menjaga kesehatan organ pencernaan yaitu dengan makan makanan kaya serat. Serat bermanfaat untuk melancarkan BAB dan mengurangi risiko sejumlah penyakit seperti wasir, radang usus, dan sindrom iritasi usus besar (IBS).

Asupan serat juga dapat menyeimbangkan jumlah bakteri usus serta membantu mencapai berat badan ideal. Untuk mendapat semua manfaat ini, jangan lupa sertakan sayuran, buah-buahan, serta biji-bijian ke dalam menu harian.

Mengonsumsi probiotik untuk melancarkan pencernaan

Probiotik merupakan bakteri baik yang secara alamiah hidup di dalam saluran pencernaan. Bakteri ini membantu melawan bakteri jahat, menjaga kesehatan sel usus, serta melancarkan kerja pencernaan sehingga tubuh senantiasa sehat.

Selain itu, probiotik membantu memperkuat sistem kekebalan dan meningkatkan penyerapan zat gizi dari makanan. Kamu dapat menambah jumlah bakteri baik dalam usus dengan mengonsumsi makanan kaya probiotik, seperti yogurt, tempe, atau kimchi.

Minum air untuk mendukung fungsi hati

Selain bermanfaat untuk melancarkan BAB, minum air juga merupakan cara untuk memelihara organ pencernaan seperti organ hati. Pasalnya, air membantu membuang racun dan menghilangkan efek samping pengobatan yang bisa mengganggu fungsi hati.

Baca juga:  Sering Memendam Emosi? Ini Bahayanya bagi Kesehatan

Air juga membantu menstabilkan kadar cairan di dalam darah. Ketika dehidrasi, darah cenderung menjadi lebih kental. Hal ini bisa saja memengaruhi kemampuan hati dalam menyaring darah dan membuang racun di dalamnya.

Baca juga:  Berbeda dengan Orang Dewasa, ini Gejala Usus Buntu pada Anak
Berhati-hati dalam mengonsumsi obat

Salah satu fungsi utama hati yaitu membuang racun dan zat kimia, termasuk yang terdapat dalam obat-obatan. Konsumsi obat yang berlebihan atau tidak sesuai anjuran justru dapat memberatkan kerja hati atau bahkan menyebabkan kerusakan.

Inilah mengapa harus berhati-hati dalam memilih obat atau suplemen. Pastikan selalu berkonsultasi kepada dokter sebelum mengonsumsi obat apa pun. Hindari pula konsumsi obat melebihi dosis yang telah diberikan.

Memerhatikan jam dan porsi makan

Cara lain yang akan membantu menjaga organ pencernaan yaitu memerhatikan jam dan porsi makan. Ini karena jam makan yang tidak teratur dan porsi makan yang terlalu banyak dapat memicu kenaikan asam lambung.

Sebisa mungkin, usahakan untuk sarapan, makan siang, dan makan malam pada jam yang sama setiap hari. Selain itu, cobalah mengganti porsi makan menjadi 4–5 kali dengan porsi yang lebih kecil agar kerja lambung menjadi lebih ringan.

Baca juga:  Yuk, Simak Manfaat Daun Seledri untuk Kesehatan Ginjal
Tidak merokok agar pankreas tetap sehat

Menurut penelitian dalam jurnal Pancreatology, orang dewasa yang merokok berisiko 1,5 kali lebih tinggi untuk mengalami pankreatitis dibandingkan non-perokok. Pankreatitis yaitu peradangan pada organ pankreas yang bersifat akut atau kronis.

Jika tidak ditangani dengan baik, penyakit pankreatitis dapat menimbulkan komplikasi berupa infeksi, kekurangan gizi, hingga kanker pankreas. Cara terbaik untuk mencegah penyakit ini adalah dengan memelihara kesehatan organ pencernaan.

Baca juga:  Cara Facial Wajah Aman dan Mudah di Rumah

Organ-organ pencernaan yang sehat akan bekerja dengan baik sehingga tubuh dapat menyerap zat gizi yang bermanfaat. Selain itu, Anda juga terlindungi dari risiko berbagai gangguan pencernaan.

Mulailah menjaga orgam pencernaan dengan makan makanan bergizi seimbang, mencukupi kebutuhan air, dan menerapkan langkah-langkah di atas agar sistem pencernaan berfungsi sebagaimana mestinya.

Baca berikutnya: Berbeda dengan Orang Dewasa, ini Gejala Usus Buntu pada Anak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Mal Hingga Cafe di Makassar Wajib Tutup Jam 8 Malam

Aktivitas usaha di Kota Makassar sebelumnya dibatasi hingga pukul 22.00 wita, kini hanya sampai pukul 20.00 wita.

Populer

Berita Terkait