fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Mudik dan Pentingnya Kesadaran Tak Buang Sampah Sembarangan

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Mudik lebaran menjadi momentum yang selalu dirindukan umat Islam. Mudik adalah media untuk mempertemukan kembali kita yang ada di perantauan dengan keluarga di kampung halaman. Tak ayal bila momen mudik tahun ini diprediksi meninggakatkan hingga jutaan orang. 

Ini tersebar di berbagai wilayah di Indonesa. Namun ada hal yang tak bisa dihindarkan saat mudik bersama rombongan. Salah satunya adalah masalah sampah. Biasanya sampah mudik mengancam lingkungan banyak ditemukan berserakan di jalanan. Kondisi seperti ini tentu tak mengasyikkan.

Baca juga:  Ojol Day, Camat Rappocini Himbau Staf Kecamatan Gunakan Ojol ke Kantor

“Yuk Mudik Minim Sampah, biar perjalanan mudik lebaran ke kampung halaman ta tetap bersih, selalu ki bawa tas belanja sendiri, bawa meki tumbler untuk tempat air minum ta juga untuk tempat kopi yang kita beli dan bawa makanan di wadah makanan yang bisa dipakai ulang seperti lunch box atau rantang,” tulis pesan edukasi yang dilansir dari akun resmi Instagram, DLHK Sulsel, Rabu, 3 April 2024.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Ini Alasan Kenapa Rest Area Ramah Anak Sangat Penting di Momen Mudik Lebaran!

Ada banyak hal yang bisa kita terapkan agar perjalanan mudik tanpa sampah yang dapat merusak dan mencemari lingkungan, menjadi menyenangkan. “Biar sampah nggak banyak, selalu habiskan makanan supaya nggak ada lagi sampah sisa makanan. Tapi kalau terpaksa ada sampah, letakkan sampah pada wadah yang sesuai jenisnya.”

Pertama, sebaiknya kita membawa tempat makan atau minuman sendiri atau dapat digunakan kembali dalam perjalanan mudik. Baik untuk sekedar singgah atau pun saat berbuka puasa saat singgah di jalan. Mulai dari tempat makan hingga tumbler isi ulang yang praktis dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama. 

Baca juga:  Memahami Penerapan RJ di Kasus Narkoba Menurut Kajati Sulsel

Kemudian jangan lupa juga untuk membawa tas isi ulang untuk menghidari penggunaan sampah plastik. Dan terakhir saat makan upayakan untuk tidak membuang sisa makanan. Solusinya adalah mengambil makanan secukupnya sesuai dengan kebutuhan agar sampah makanan bisa teratasi. Dan terakhir, buanglah sampah pada tempatnya!

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Perjuangan Berat Timnas Menanti di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Secara peringkat dunia perjuangan Indonesia memang berat untuk bisa langsung lolos dari babak ketiga karena bercokol dengan sejumlah negara kuat Asia.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT