No menu items!

Nih, Cara si Introvert Nikmati Liburan

Promo

LAYAR.NEWS – Introvert adalah orang-orangnya memiliki ciri lebih fokus terhadap perasaan internal di dalam dirinya sendiri, dibandingkan dengan stimulasi eksternal dari lingkungan di sekitarnya.

Orang-orang yang introvert, cenderung lebih pendiam, tenang, dan lebih luwes dalam menilai dirinya sendiri (introspektif). Pemilik kepribadian introvert masih bisa berinteraksi dengan baik bersama orang lain. Hanya saja, menghabiskan waktu berkumpul dengan banyak orang cukup menguras energinya dan akan membutuhkan waktu menyendiri untuk kembali mengembalikan energinya.

Liburan biasanya lebih asik dan seru jika ramai-ramai bersama kawan. Tapi bagaimana dengan si introvert?

Menjadi orang yang nyaman bila berinteraksi dengan diri sendiri dan beberapa orang tertentu saja, tentunya si Introvert juga tidak terlalu suka dengan liburan yang penuh ingar-bingar.

Baca juga:  Ini 5 Tempat Wisata Terbaik Saat Musim Hujan

Melansir brilio.net, inilah 5 cara orang introvert menikmati liburannya:

Pergi ke gunung

Sudah terbukti dalam penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal penelitian kepribadian/ Journal of Research in Personality berjudul ‘Personality and geography: Introverts prefer mountains’, bahwa orang introvert cenderung suka menikmati waktu ke gunung, sementara orang ekstrovert lebih suka ke pantai.

Baca juga:  Paisu Pok, Danau Sebening Kaca di Sulawesi Tengah
Lebih menyukai sesuatu berbau budaya

Sebagai tipe orang yang pemikir reflektif dan mendalam, orang introvert lebih suka menikmati liburan berbau budaya. Dia menikmati dan mengamati apa saja yang menarik minatnya. Sebut saja misal acara festival budaya, museum, cagar budaya, dan sebagainya, adalah tamasya ideal bagi introvert. Justru dia menghindari ingar-bingar dan kemewahan hotel, kapal pesiar, pesta besar, dan sebagainya.

Cenderung suka liburan sendirian

Sebetulnya orang introvert bukan orang yang benar-benar cinta kesendirian. Dia memang mendapatkan energi dengan menyendiri atau hanya dengan lebih sedikit orang kepercayaan.
Nah, saat berlibur pun dia menginginkan ketentraman dan ketenangan. Dengan lebih sedikit orang atau bahkan bepergian sendiri, dia bisa menjadwal sendiri perjalanan sarat refleksi dan makna bagi dirinya sendiri.

Baca juga:  KLHK Bantah Penataan Pulau Komodo Usung Konsep 'Jurassic Park'
Tak suka diganggu ‘dadakan’

Kebiasaan orang introvert adalah selalu menyaring setiap panggilan telepon yang masuk, bahkan dari orang-orang terdekat. Pasalnya, dia butuh mengumpulkan energi dan menyiapkan mental untuk berkomunikasi.

Tujuan utama dari sebagai besar liburan adalah melepaskan diri dari stres sehari-hari, dan panggilan telepon itu ganggu banget. Kecuali, hal yang genting atau mendesak. Jadi, lebih baik kamu mengirim pesan teks saja, atau kirim pesan dulu baru telepon.

Baca juga:  Sandiaga Uno Sebut Bantimurung Gallang Destinasi Wisata Kelas Dunia
Tidak butuh liburan terlalu sering

Seperti disinggung sebelumnya, orang introvert ‘akrab’ dengan ketenangan. Biasanya untuk refleksi atau menenangkan diri, dia memilih berdiam diri dan bersantai di rumah. Kalaupun liburan, dia juga pilih-pilih seperti yang disebutkan sebelumnya.

Lain cerita dengan orang ekstrovert yang memang ‘menyedot’ energi dari hiruk-pikuk bersama kawan-kawan sehingga rasanya garing banget kalau jarang banget berlibur. Kunci liburan untuk introvert adalah walaupun tak sering yang penting sekali liburan benar-benar berkualitas.

Baca juga:  Paisu Pok, Danau Sebening Kaca di Sulawesi Tengah

Baca berikutnya: Tempat Wisata Romantis di Sulsel Buat Liburan Bareng Pasangan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Mal Hingga Cafe di Makassar Wajib Tutup Jam 8 Malam

Aktivitas usaha di Kota Makassar sebelumnya dibatasi hingga pukul 22.00 wita, kini hanya sampai pukul 20.00 wita.

Populer

Berita Terkait