fbpx
No menu items!

Nih Trik Jitu Hadapi Pasangan yang Selalu Diam Saat Marah

Promo

LAYAR.NEWS – Sebagian orang melampiaskan rasa marah dengan ngomel, teriak, melempar benda. Sebagian lainnya memilih cara lain, salah satunya dengan mendiamkan (silent treatment).

Memiliki pasangan yang selalu diam saat marah memang bisa menjadi hal yang membingungkan.

Diam sementara waktu ketika marah memang bisa membuat diri lebih tenang dan emosi mereda. Tetapi, jika sikap diam dilakukan dalam jangka waktu yang lama, ini justru bisa membuat masalah semakin rumit.

Nah, berikut cara menghadapi pasangan yang selalu diam saat marah, seperti dikutip dari Alo Dokter:

Bicara secara baik-baik dengan pasangan

Dicuekin dalam waktu yang lama memang terasa menyebalkan, tapi jangan sampai kamu juga ikut terbawa emosi karena hal ini, ya. Coba deh bicara baik-baik dengannya.

Katakanlah bahwa kamu merasa sedih dan bingung mendapatkan perlakukan seperti ini. Jelaskan juga bahwa masalah yang dihadapi tidak akan selesai, jika ia hanya berdiam diri.

Hindari memaksa pasangan

Jika kamu sudah melakukan pendekatan secara baik-baik tetapi pasanganmu masih belum mau bicara, mungkin ia masih perlu waktu untuk menenangkan diri dan meredam emosinya.

Pada situasi seperti ini, sebaiknya jangan memaksanya untuk berbicara atau mengambil keputusan saat kalian berdua berada dipuncak emosi, ya. Lebik baik, cari momen yang tepat dan atur ulang waktu lagi untuk kalian berdua mendiskusikan masalah yang sedang dialami dan berdamai dengan ikhlas.

Jangan ragu meminta maaf

Terkadang, amarahnya datang dari kesalahan yang tidak disadari. Cobalah evaluasi diri sendiri untuk mengetahui kesalahan apa yang telah diperbuat. Jika memang kamu salah, akuilah kesalahanmu. Kemudian, minta maaflah dengan tulus dan katakan padanya bahwa kamu akan berusaha untuk tidak mengulanginya lagi.

Namun, hindari mengucapkan kata maaf, jika kesalahan tersebut tidak kamu lakukan, ya. Jangan sampai, kamu menjadi seorang people pleaser yang justru bisa berdampak buruk bagi hidupmu.

Evaluasi hubungan kalian berdua

Ketika mood pasanganmu sudah membaik, bahas masalahnya dan cari solusinya. Setelah itu, lakukan evaluasi terhadap hubungan kalian. Bicarakan bagaimana cara yang baik untuk kalian berdua menyelesaikan masalah. Jangan sampai, konflik dalam hubungan ini justru merugikan satu sama lain.

Alihkan perhatianmu pada aktivitas lain

Jika kamu merasa bahwa sikap diam pasanganmu sudah berlebihan hingga membuatmu harus merendahkan diri atau menyalahkan dirimu sendiri, sudah saatnya kamu alihkan perhatianmu pada hal lain. Usahakan agar tetap tenang dan fokuslah pada aktivitas dan pekerjaanmu sehari-hari.

Ingat, bagaimanapun, kebahagiaanmu adalah prioritas utama. Jangan sampai konflik dengan pasangan membuatmu menjadi frustasi hingga menurunkan kualitas hidupmu. Lakukan hal-hal yang membuatmu lebih tenang dan nyaman, misalnya berolahraga, belajar hal baru, atau hangout dengan teman atau keluargamu.

Baca berikutnya: Kenali Tanda Gaslighting Agar Tak Terjebak Hubungan Toksik

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

HUT ke-352, Pemprov Sulsel Berhasil Pertahankan Sejumlah Aset

Pemerintah Sulawesi Selatan memberikan sejumlah penghargaan terhadap tim penyelamat aset negara pada perayaan HUT ke-352 Sulawesi Selatan.

Populer

Berita Terkait