fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Operasi Pengawasan Orang Asing di Makassar, Ini yang Ditemukan

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Rumah Detensi Imigrasi Makassar (Rudenim Makassar) telah melaksanakan Operasi “JAGRATARA” Pengawasan Orang Asing atau Pengungsi Luar Negeri. Operasi digelar di 16 Community House yang tersebar di Kota Makassar.

Operasi ini merupakan tindak lanjut dari instruksi Direktur Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian dengan nomor surat IMI.5-GR.03.06-142 yang dikeluarkan pada tanggal 23 April 2024. Operasi ini dilaksanakan serentak dengan Kendali Pusat (Direktorat Jenderal Imigrasi) di seluruh Indonesia. 

“Tujuan operasi ini adalah untuk menciptakan dan menjaga keamanan serta mencegah pelanggaran keimigrasian di seluruh wilayah Republik Indonesia,” tulis keterangan yang dilansir dari laman resmi Rudenim Makassar, Rabu, 8 Mei 2024.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Kaesang Mau Terjun ke Politik, Begini Respons Jokowi

Operasi ini melibatkan penyisiran perusahaan-perusahaan yang diduga mempekerjakan Tenaga Kerja Asing (TKA) dan pemeriksaan dokumen keimigrasian seperti paspor dan izin tinggal, serta kesesuaian antara visa atau izin tinggal dengan izin kerja yang dimiliki oleh orang asing.

Pelaksana Harian Kepala Rudenim Makassar, Achmadin Kurniawan, memberikan arahan khusus kepada 14 petugas yang ditugaskan untuk mengantisipasi potensi kerawanan dan memberikan teguran kepada pengungsi yang melanggar tata tertib.

Baca juga:  Komunitas Disabilitas Makassar Serahkan Maklumat TPS Inklusif ke KPU dan Bawaslu, Ini Isinya

“Pada operasi, petugas telah mensosialisasikan larangan mengendarai kendaraan bermotor tanpa Surat Izin Mengemudi (SIM) dan melakukan pengecekan terhadap laporan masyarakat mengenai pengungsi yang bekerja sebagai kuli bangunan.”

ADVERTISEMENT

Meskipun ditemukan 15 unit sepeda motor di Pondok Yaspis yang diduga milik pengungsi, tidak ada pelanggaran keimigrasian yang ditemukan selama operasi pengawasan.

Operasi ini menunjukkan komitmen Rudenim Makassar dalam menjaga ketertiban dan keamanan, serta memastikan bahwa pengungsi dan orang asing mematuhi peraturan yang berlaku di Indonesia.

Baca juga:  Sempat Jual Kebab di Pasar Ramadan Makassar, Pencari Suaka Asal Palestina Dipindahkan

Kepala Rudenim Makassar, Atang Kuswana menekankan pentingnya pengawasan rutin terhadap pengungsi untuk memastikan mereka mematuhi protokol kesehatan dan tidak melakukan aktivitas yang melanggar hukum. 

ADVERTISEMENT

“Kami mengimbau kepada pengungsi untuk tetap menjaga ketertiban dan kebersihan di lingkungan Community House, serta tidak melakukan hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Kami juga mengingatkan mereka untuk tidak keluar dari Kota Makassar tanpa izin.”

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Silaturahmi Momen Iduladha, Ini Sederet Hal yang Jadi Atensi Pj Gubernur dan Kapolda Sulsel

Pj Gubernur Prof Zudan Arif Fakrulloh, memanfaatkan momen hari raya Iduladha ini untuk bersilaturahmi dengan Forkopimda.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT