fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Pahami Tata Cara Gunakan Hak Pilih di TPS

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Pelaksanaan pemungutan suara Pemilu 2024 tinggal menghitung hari. Tanggal 14 Februari, secara serentak seluruh masyarakat Indonesia yang punya hak, akan menyalurkan suaranya untuk memilih calon pemimpin terbaik, di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing. 

Masyarakat akan berbondong-bondong memadati TPS sesuai dengan yang tercantum dalam daftar penyelenggara. Namun sudah tahukah kita, hal apa saja yang dilakukan sebelum memilih di TPS. KPU Sulsel melalui akun resmi Instagramnya yang dilansir Rabu, 7 Februari 2024, menerangkan teknisnya. 

Baca juga:  Ketua DPRD Makassar: Ayo Vote Karisha Alifputri di Ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2022

Memahami hak pilih di TPS, pastikan data diri kita semua terdaftar atau masuk sebagai Daftar Pemilih Tetap (DPT) melalui situs cekdptonline.kpu.go.id. Kita yang berstatus sebagai DPT bisa menggunakan hak pilih dengan ketentuan wajib datang ke TPS. Hak pilih bisa disalurkan sejak pukul 07.00 hingga 13.00 waktu daerah masing-masing. 

ADVERTISEMENT

Di TPS kita akan mendapatkan lima jenis surat suara. Masing-masing, surat suara presiden dan wapres, DPD, DPR RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota. Beda lagi bagi yang berstatus sebagai pemilih dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb). Pastikan bahwa daftar sudah sesuai dengan lokasi pindah memilih. 

Baca juga:  Melihat Gambaran Situasi Pemilih Pemula Difabel di Pemilu 2024

Tentunya dengan lebih awal membawa kelengkapan administrasi. Mengurus dan membawa formulir pindah memilih ke TPS tujuan dan diimbau untuk hadir paling cepat pukul 11.00 waktu setempat. Sementara mereka yang masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK) bisa menggunakan hak pilih sesuai dengan alamat yang ada di KTP Elektronik.

Datang satu jam terakhir, pukul 12.00 sampai dengan 13.00 waktu setempat. Dapat dilayani sepanjang suara tersedia dan mendapat lima jenis surat suara sesuai dengan mereka yang berstatus sebagai DPT. Sesederhana itu ternyata. Semoga ulasan dalam artikel ini dapat membantu kita semua dalam proses pencoblosan nanti. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Hari OTODA ke-27 di Makassar, Wapres: Tingkatkan Kolaborasi untuk Pelayanan Publik Terbaik

(Sumber foto: Humas Polri)

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Gebrakan Asmo Sulsel, Kenalkan Seri Terbaru Honda BeAT di Ambon

Astra Motor Sulawesi Selatan main dealer sepeda motor Honda untuk wilayah Sulawesi Selatan, Barat, Tenggara, dan Ambon, meluncurkan All New Honda BeAT series terbaru
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT