fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Pelindo IV Lepas Ekspor Perdana Rempah-rempah dari Sulteng

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) IV (Persero) melalui Cabang Pantoloan melakukan pelepasan ekspor perdana komoditas rempah-rempah dengan negara tujuan Vietnam dan Tiongkok.

General Manager (GM) PT Pelindo IV Cabang Pantoloan, Nengah Suryana Jendra mengatakan, sebelumnya pihaknya sudah rutin hampir setiap minggu melakukan direct export komoditas kelapa ke beberapa negara di Asia.

“Hanya saja untuk rempah-rempah, ini baru perdana dilakukan direct export. Kalau yang kelapa sudah rutin direct export ke beberapa negara di Asia sejak 12 September 2020,” kata Nengah.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Safety Riding Competition Regional 2024 Asmo Sulsel, Uji Kemampuan Berkendara

Menurut dia, Pelindo IV khususnya Cabang Pantoloan akan selalu memberikan fasilitas dan pelayanan yang terbaik atas upaya pemerintah daerah untuk menggerakan ekonomi melalui kegiatan ekspor sejumlah komoditas unggulan ke luar negeri.

“Apapun upaya pemerintah untuk peningkatan ekonomi, akan selalu kami dukung dengan fasilitas dan pelayanan yang maksimal,” ujarnya.

Sebelumnya, pada Senin (29/3/2021), Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah secara resmi melepas ekspor perdana rempah-rempah sebanyak 4 kontainer atau 63,78 ton dengan nilai Rp3,7 miliar ke Vietnam dan Tiongkok dari Pelabuhan Pantoloan, Palu, Sulawesi Tengah.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  LPM Sangkarrang: Proyek MNP Bermanfaat Bagi Masyarakat

Kepala Pusat Kepatuhan, Kerjasama dan Informasi Perkarantinaan pada Badan Karantina Pertanian (Barantan) Kementerian Pertanian, Junaidi mengatakan, pada 2020 lalu Karantina Pertanian Palu mencatat sebanyak 35 komoditas telah diekspor dari Sulawesi Tengah ke berbagai negara dengan total nilai barang mencapai Rp444,46 miliar.

“Sebanyak 35 komoditas tersebut didominasi dari sub sektor perkebunan seperti kelapa bulat, kelapa parut, minyak kelapa, kakao biji, getah pinus, cengkeh dan lain-lain,” sebut Junaidi.

Baca juga:  Pertumbuhan CAGR Pelindo IV Capai 6,63%

Baca berikutnya: Pelindo IV Kebut Pembangunan Makassar New Port

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Grand Opening Modena Home Center di Rolling Hills Makassar

Modena Home Center membuka cabang baru di Kota Makassar
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT