Selasa, 19 Januari 2021
No menu items!

Pelindo lV Salurkan Bantuan Program TJSL Rp11,96 Miliar di 2020

Headline

Warga Blok 10 Perumnas Antang Kembali Mengungsi Akibat Banjir

Sebanyak 129 jiwa warga di Blok 10 Perumnas Antang, kembali mengungsi di Masjid Jabal Nur akibat banjir.

Jenazah Korban Sriwijaya Asal Makassar, Disambut Isak Tangis Keluarga

Isah tangis mewarnai kedatangan jenazah Ricko Maluhette di rumah duka jalan Puri Asri Raya No 11 Tello, Kota Makassar, Sabtu (16/1/2021).

Data Basarnas: 45 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa Sulbar

Data Basarnas Mamuju mencatat, 45 orang meninggal dunia, akibat gempa susulan yang mengguncang Mamuju dan Majene Sulawesi Barat (Sulbar).

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Corporate Secretary PT Pelindo IV, Dwi Rahmad Toto mengatakan, total penyaluran bantuan program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) selama tahun 2020 sebesar Rp11,96 miliar.

Terbagi atas penyaluran program kemitraan sebesar Rp5,71 miliar, bantuan sektor pengentasan kemiskinan Rp1,05 miliar, sektor pengembangan sarana dan prasarana umum Rp728,78 juta dan bantuan sektor kesehatan sebesar Rp65,63 juta.

“Sementara itu, tahun lalu Pelindo IV juga menyalurkan bantuan sektor bencana alam dan non bencana alam yang disebabkan oleh wabah sebesar Rp2,13 miliar,” sebut Toto.

Lebih lanjut kata dia, pihaknya juga menyalurkan bantuan untuk sektor sarana ibadah sebesar Rp1,66 miliar, bantuan sektor pendidikan senilai Rp445 juta dan bantuan sektor pelestarian alam sejumlah Rp168,86 juta.

Kerjasama PT PNM

Baca Juga:

Toto berujar, bantuan program kemitraan yang disalurkan tahun 2020 dalam bentuk pelatihan capacity building kepada mitra binaan dengan beberapa kelompok usaha atau klaster, bekerja sama dengan PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM.

“Dalam pelatihan capacity building tersebut, ada beberapa mitra binaan yang terlibat dengan beberapa kelompok usaha atau klaster,” ujarnya.

Dia menyebutkan, total bantuan program kemitraan yang diserap mitra binaan untuk pelatihan capacity building sebesar Rp2,15 miliar dan diberikan kepada klaster pertanian (padi) dan klaster perikanan (rumput laut dan tambak udang).

Kepada mitra binaan dengan klaster pertanian (padi), bantuan diberikan untuk kelompok usaha padi Situju Tujue di Sidrap.

Sedangkan untuk klaster perikanan (rumput laut dan tambak udang), bantuan diberikan kepada kelompok usaha rumput laut Mandiri di Palopo, kelompok usaha rumput laut Aeng Galesong di Takalar, kelompok usaha rumput laut Betoambari di Baubau dan kelompok usaha tambak udang Anggana di Samarinda.

Selain memberikan bantuan pelatihan capacity building, PT Pelindo IV pada tahun 2020 juga menyalurkan dana bergulir kepada tiga koperasi karyawan (Kopkar) di lingkungan Perseroan.

“Yakni Kopkar PT Pelindo IV Kantor Pusat dengan bantuan dana bergulir sebesar Rp2 miliar, Kopkar Tirta Bahari PT Pelindo IV Cabang Balikpapan sebesar Rp1 miliar dan Kopkar Melati PT Pelindo IV Cabang Sorong sebesar Rp500 juta,” kata Toto.

Namun menurutnya, para penerima dana bergulir berkewajiban untuk mengangsur setiap bulan dari dana yang diberikan tersebut.

“Selain itu, tahun lalu PT Pelindo IV juga memberikan bantuan bina lingkungan yang diberikan kepada Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk pembangunan Islamic Center, serta bantuan untuk penanganan Pandemi Covid-19 kepada Yayasan BUMN,” pungkas Toto.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Layar Terkini

Warga Blok 10 Perumnas Antang Kembali Mengungsi Akibat Banjir

Sebanyak 129 jiwa warga di Blok 10 Perumnas Antang, kembali mengungsi di Masjid Jabal Nur akibat banjir.

Berita Terkait