fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Pelunasan Biaya Haji Diperpanjang, Ini Batasnya

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR NEWS, Makassar – Direktorat Jenderal (Ditjen) Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama (Kemenag) telah mengumumkan perpanjangan masa pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (Bipih) jemaah reguler untuk musim haji tahun ini, 2024.

Masa pelunasan tahap pertama Bipih 1445 Hijriah, sudah dibuka sejak 10 Januari 2024. Proses ini awalnya terjadwal akan ditutup pada 12 Februari 2024. Namun karena berbagai pertimbangan, masa pelunasan tahap awal akhirnya diperpanjang. 

“Setelah melihat progres pelunasan sampai hari ini, masa pelunasan biaya haji bagi jemaah reguler kita perpanjang hingga 23 Februari 2024,” kata Jubir Kemenag RI, Anna Hasbie, dalam siaran pers yang diterima dari Bidang Humas Kemenag Sulsel, Rabu, 14 Februari 2024.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Sederet Tantangan Petugas Haji 2024, Mesti Layani 45 Ribu Jemaah Lansia

Kuota haji Indonesia tahun ini sebesar 221.000 jemaah. Indonesia kemudian mendapat tambahan sebesar 20.000 kuota sehingga jumlahnya menjadi 241.000 jemaah. Kuota ini terbagi menjadi 213.320 jemaah haji reguler dan 27.680 jemaah haji khusus.

Per Senin, 12 Februari, Kemenag mencatat sudah ada 188.765 jemaah yang sudah memenuhi syarat istithaah kesehatan dan melunasi biaya haji. Kemenag juga masih menunggu pelunasan jemaah lain seiring dengan masa perpanjangan.

“Total jemaah yang sudah memenuhi syarat istithaah kesehatan hingga berjumlah 202.153 jemaah. Artinya ada 13.388 jemaah yang sudah memenuhi syarat istithaah kesehatan tapi belum melakukan pelunasan biaya haji,” ungkapnya.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Doa dan Zikir Akbar Jelang Pemilu 2024 di Sulsel Segera Digelar

Anna mengimbau jemaah haji yang sudah memenuhi syarat istithaah untuk segera melunasi biaya hajinya pada masa perpanjangan pelunasan tahap pertama. Demikian juga, jemaah haji yang berhak melunasi tahun ini tapi belum memeriksakan kesehatan, agar bisa segera melakukannya hingga memenuhi syarat istithaah dan bisa melunasi biaya haji.

Sehubungan diperpanjangnya kesempatan jemaah untuk melunasi biaya haji pada tahap I, lanjut Anna, maka proses pelunasan tahap II juga mengalami penyesuaian. Tahap II yang awalnya dibuka pada 5 hingga 26 Maret 2024, disesuaikan menjadi 13 hingga 26 Maret 2024.

Baca juga:  PeduliLindungi Resmi Jadi Syarat Perjalanan Semua Transportasi

Pelunasan tahap II akan diperuntukkan bagi empat kategori, yaitu: jemaah yang belum melakukan pelunasan biaya haji pada tahap I karena mengalami gagal sistem; pendamping jemaah haji lanjut usia; jemaah haji penggabungan suami atau istri dan anak kandung atau orang tua yang terpisah; dan pendamping jemaah haji penyandang disabilitas

ADVERTISEMENT

“Petugas Kementerian Agama Kabupaten/Kota agar segera meng-input data usulan jemaah yang akan melunasi pada tahap II. Batas akhir input data pengajuan pendampingan lansia, penggabungan mahram, dan pendamping penyandang disabilitas yang semula berakhir 27 Februari 2024 disesuaikan menjadi 7 Maret 2024,” Anna menyudahi.

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Jadwal Lengkap Piala Presiden 2024

Turnamen pramusim paling dinanti di Indonesia, Piala Presiden 2024, akan segera dimulai pada 19 Juli 2024.
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT