fbpx
No menu items!

Pemerintah Hapus Premium Tahun Depan, Pertalite Menyusul?

Promo

LAYAR.NEWS – Pemerintah melalui Kementerian ESDM resmi akan menghapus Bahan Bakar Minyak (BBM) Premium dari peredaran pada tahun 2022 mendatang.

Di akhir tahun 2021, keberadaan Premium secara perlahan memang mulai dikurangi. Masyarakat pun didorong untuk mengkonsumsi BBM dengan RON yang lebih tinggi guna menekan emisi gas rumah kaca.

Direktur Pembinaan Usaha Hilir Migas Soerjaningsih menjelaskan, nantinya keberadaan Premium akan digantikan dengan Pertalite.

Meski begitu, langkah ini juga hanya bentuk transisi. Karena pemerintah juga berencana menghapus Pertalite dari pasaran. Nantinya, masyarakat akan didorong sepenuhnya menggunakan BBM yang ramah lingkungan.

“Kita memasuki masa transisi di mana Premium (RON 88) akan digantikan dengan Pertalite (RON 90), sebelum akhirnya kita akan menggunakan BBM yang ramah lingkungan,” ujar Soerja dikutip dari Republika pada Jumat (24/12/2021).

Soerja mengungkapkan, pemerintah tengah menyusun roadmap BBM ramah lingkungan, nantinya Pertalite juga akan digantikan dengan BBM yang kualitasnya lebih baik.

“Dengan roadmap ini, ada tata waktu di mana nantinya kita akan menggunakan BBM ramah lingkungan. Ada masa di mana Pertalite harus dry, harus shifting dari Pertalite ke Pertamax,” kata Soerja.

Diketahui, Premium RON 88 saat ini hanya digunakan oleh tujuh negara. Volume yang digunakan pun sangat kecil. Kesadaran masyarakat menggunakan BBM dengan kualitas yang lebih baik menjadi salah satu penyebabnya.

Baca berikutnya: Sederet Masalah Biang Kerok Garuda Indonesia Bangkrut

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Terkini

Tipe Teman Toxic yang Perlu Kamu Hindari

Terjebak dalam lingkaran pertemanan yang toxic tentu dapat membawa dampak yang negatif, hingga memicu stres berlebih.

Populer

Berita Terkait