fbpx
No menu items!
ADVERTISEMENT

Pemprov Sulsel Belum Alokasi Anggaran Pemilu 2024, Kesbangpol: Tunggu Instruksi

Promo

ADVERTISEMENT

LAYAR.NEWS, MAKASSAR – Jadwal pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) serentak tahun 2024 telah disepakati.

Pemilihan legislatif dan Pemilihan Gubernur dilaksanakan serentak pada 14 Februari 2024. Sementara Pemilihan Bupati/Walikota akan dilaksanakan serentak pada 27 November 2024. 

Sejak awal tahun 2021 lalu kemendagri telah meminta pemerintah daerah melakukan penganggaran secara bertahap sejak anggaran 2022. Hal ini untuk meringankan beban anggaran daerah jika dialokasikan secara bertahap.

ADVERTISEMENT

Namun, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan belum mengalokasikan anggaran untuk Pemilu 2024 pada APBD 2022. 

Baca juga:  Pemprov Lakukan Recovery Kanal CPI

Kepala badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sulsel Asriady Sulaiman mengungkapkan Pemprov Sulsel belum mengalokasikan anggaran pemilu di tahun 2022 karena menunggu instruksi tegas dari kemendagri. 

 “Penganggaran 2022 ini belum ada dek,  kita juga belum menerima instruksi  tegas dari Kementerian Dalam Negeri, jadi saya kira idealnya ini kalau ini  metode parsial dan sebagainya, segera dituangkan dalam bentuk peraturan menteri dalam negeri, supaya daerah semua itu bertindak seragam  karena progres juga sudah terlanjur dan APBD 2022 sudah akan dilaksanakan sekarang,” ungkapnya. 

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Hasil Seleksi Calon Komisioner KIP dan KPID Sulsel Diserahkan ke Pj Gubernur 

Selain itu, jumlah anggaran yang akan diberikan ke KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu belum ditentukan. Ia mengaku tidak ingin terburu-buru dalam alokasi anggaran pemilu 2024. 

“kita juga tidak terburu-buru karena jangan sampai itu domain dari Pemerintah Daerah bukan yang dioperasionalkan di KPU dan Bawaslu termasuk pengamanan,” ujarnya. 

Meski begitu, Asriady mengatakan KPU dan Bawaslu Sulsel bisa saja mengajukan anggaran untuk di tahun 2023. Tetapi dia menekankan harus ada dasar kuat atau aturan dalam pengajuan anggaran.

ADVERTISEMENT
Baca juga:  Pj Gubernur Sulsel Kunjungi BNNP, Terungkap 55 Ribu Warga Potensi Rawan Konsumsi Narkoba 

“Saya kira boleh saja kalau semua tertuang dengan dasar, misalnya pemerintah pusat sudah meminta kita di daerah untuk menganggarkan terkait hal tersebut saya kira pemerintah provinsi juga siap menyesuaikan dengan peraturan menteri,” jelasnya. 

Sementara terkait kenaikan anggaran pemilu 2024, Asriady mengatakan bisa saja terjadi kenaikan. Apalagi pemilu 2024 dilakukan serentak di 24 Kabupaten/kota dan pemilihan Gubernur.

Baca berikut: KPU Rancang Tahapan Pemilu 2024, Mulai April 2022

ADVERTISEMENT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ADVERTISEMENT

Terkini

Di Makassar, Penyuluhan Pencegahan Bahaya Narkoba Sasar Siswa Baru Momen MPLS

LAYAR NEWS, Makassar - Satuan Narkoba, Polrestabes Makassar, menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba dalam momen Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah...
ADVERTISEMENT

Populer

Berita Terkait

ADVERTISEMENT